PENGARUH INCOME DIVERSIFICATION ACTIVITIES TERHADAP PROFITABILITAS BANK DAN RISIKO TOTAL (Studi Kasus Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015)


Reza Dwi Riyanti , 7311413080 (2017) PENGARUH INCOME DIVERSIFICATION ACTIVITIES TERHADAP PROFITABILITAS BANK DAN RISIKO TOTAL (Studi Kasus Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sektor perbankan merupakan industri yang menghadapi persaingan tinggi dan pertumbuhannya meningkat secara dramatis dalam hal jumlah bank dan kantor cabang. Pengkombinasian income activities pada bank dan menyeimbangkan pendapatan dari pendapatan bunga ke pendapatan non-bunga mampu meningkatkan kinerja dan mengendalikan risiko. Pendapatan non-bunga sudah menjadi tren dalam dunia perbankan, terbukti Statistik Perbankan Indonesia mencatat pendapatan operasional non-bunga bank semakin meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas diversifikasi pendapatan terhadap profitabilitas bank dan risiko total. Subjek penelitian ini adalah sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011 -2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling sehingga terpilih 31 bank. Serta teknik analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fee based income dan trading income berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas bank. Sementara itu, pada risiko total menunjukkan hasil yang berbeda. Fee based income berpengaruh negatif signifikan, sedangkan trading income tidak berpengaruh terhadap risiko total. Simpulan dari penelitian ini adalah income diversification activities berpengaruh positif terhadap kinerja bank. Semakin tinggi income diversification, maka semakin besar profitabilitas bank. Sementara itu, sumber pendapatan nonbunga yang mampu menurunkan risiko adalah fee based income, sedangkan trading income tidak berpengaruh terhadap risiko. Saran dari penelitian ini, untuk penelitian selanjutnya dapat menambah pengukuran kinerja dan risiko. Manajemen perbankan diharapkan dapat membuat kebijakan mengenai sumber pendapatan mana yang harus ditingkatkan atau diturunkan. Investor yang akan menentukan investasi pada bank sebaiknya memperhatikan kondisi keuangan bank.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fee based income, profitabilitas, risiko total, trading income
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2019 14:17
Last Modified: 19 Jun 2019 16:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30444

Actions (login required)

View Item View Item