KEMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER VII PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNNES DALAM MENGGUNAKAN KALIMAT MODUS INDICATIF ATAU MODUS SUBJONCTIFPADA KETERAMPILAN MENULIS


Rizkiya Fitriani, 2301412010 (2017) KEMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER VII PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNNES DALAM MENGGUNAKAN KALIMAT MODUS INDICATIF ATAU MODUS SUBJONCTIFPADA KETERAMPILAN MENULIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301412010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (491kB) | Preview

Abstract

Salah satu bahasa asing yang dipelajari di Universitas Negeri Semarang adalah bahasa Perancis. Dalam mempelajari bahasa Perancis, biasanya pembelajar menemukan kesulitan dalam mempelajari bahasa tersebut. Kesulitan tersebut meliputi kesulitan struktur bahasa, tata bunyi dan kosa kata. Didalam struktur bahasa Perancis terdapat modus yang tidak ada dalam struktur bahasa Indonesia. Delatour (2004:117) mengatakan bahwa modus dari sebuah verba memungkinkan seseorang mengungkapkan perilakunya melalui apa yang dia katakan. Dalam struktur tata bahasa Perancis modus terdiri dari modus Infinitif, Indikatif, Subjonctif, Participe, Conditionnel, dan Impératif. Dalam penelitian ini modus yang dibahas adalah modus indicatif dan subjonctif dikarenakan belum ada penilaian khusus yang membahas tentang kedua modus tersebut. Pemilihan kemampuan menulis didasarkan pada empat kemampuan berbahasa. Menulis merupakan kemampuan yang paling terlihat bentuknya karena disampaikan melalui bahasa tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing dalam menentukan kalimat modus indicatif atau subjonctif pada kemampuan menulis dan untuk mengetahui kesalahan – kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Jumlah responden ada 19 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data berupa nama dan jumlah mahasiswa semester VII. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan mahasiswa dalam menentukan kalimat modus indicatif atau subjonctif pada kemampuan menulis.Validitas yang digunakan adalah validitas isi, dan untuk mengetahui reliabilitas instrumen dalam penelitian ini digunakan teknik test – retest kemudian hasinya dikorelasikan menggunakan rumus product-moment. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif presentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa semester VII dalam menentukan kalimat modus indikatif atau subjonctif pada kemampuan menulis termasuk dalam kategori ‘cukup’, yaitu dengan nilai rata – rata 67,15. Nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 45. Kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh responden adalah kesalahan dalam konjugasi verba dan ejaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Modus, Pembelajaran Bahasa Perancis
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 21 Mar 2018 16:49
Last Modified: 21 Mar 2018 16:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30438

Actions (login required)

View Item View Item