KEEFEKTIFAN MIND MAP DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF DENGAN TEMA LA MAISON PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 DEMAK


Eka Dwi Franchiska , 2301410029 (2017) KEEFEKTIFAN MIND MAP DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF DENGAN TEMA LA MAISON PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301410029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (586kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan, mengungkapkan ide, gagasan dan pikiran melalui simbol-simbol bahasa tulis yang mudah dipahami pembacanya. Salah satu kegiatan menulis adalah menulis deskriptif. Karangan deskriptif adalah karangan yang menceritakan suatu objek atau seseorang untuk menginformasikan suatu hal kepada pembaca. Sedangkan Mind Map merupakan cara untuk meringkas catatan atau juga membuat kerangka untuk membuat suatu tulisan yang melibatkan gambar,simbol, kata, garis dan warna. Berdasarkan observasi, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide, menyusun kalimat dan mengingat kosakata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode Mind Map dalam menulis deskriptif tentang La Maison di klas XI SMA N 1 Demak. Juga untuk mengetahui besaran kontribusi dalam pembelajaran menulis deskriptif tentang La Maison di klas XI SMA N 1 Demak menggunakan mind map Jenis penelitian ini adalah eksperimn semu dengan desain pre-test and post-test. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Demak. Penelitian ini menggunakan Validitas isi. Tingkat kepercayaan instrumen diukur dengan rumus Product moment. Pengujian hipotesis menggunakan rumus ttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Mind Map efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis deskriptif tentang La Maison siswa kelas XI SMA N 1 Demak. Hasil perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh thitung = 9,95 > ttabel = 2,10. Kemudian hasil perhitungan besar effect size yaitu 4,6 > 1,00 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Mind Map, Menulis, Karangan Deskriptif.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 21 Mar 2018 16:43
Last Modified: 21 Mar 2018 16:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30436

Actions (login required)

View Item View Item