HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DENGAN PERILAKU AGRESIF DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (STUDI PADA SISWA SMP N 2 PURBALINGGA)


Tri Kurnia Yunianto , 1511410020 (2017) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DENGAN PERILAKU AGRESIF DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (STUDI PADA SISWA SMP N 2 PURBALINGGA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511410020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (308kB) | Preview

Abstract

Timbulnya perilaku agresif pada remaja bisa terjadi karena berbagai faktor, faktor keluarga merupakan salah satu aspek penting yang disinyalir terkait dengan pola perilaku agresif remaja. Kondisi yang dapat menyebabkan perilaku agresif salah satunya adalah frustrasi. Begitu pula remaja yang merasa frustrasi dengan keadaan keluarganya, dimana keluarga yang seharusnya menjadi tempat berlindung yang aman, mulai tidak lagi dirasakan oleh anak, maka anak menjadi mudah marah dan berperilaku agresif. Penelitian ini adalah penelitian korelasional serta komparatif untuk mengukur perbedaan perilaku agresif siswa laki-laki dan siswi perempuan. Penelitian dilakukan di SMP N 2 Purbalingga. Tehnik sampling dalam penelitian ini menggunakan tehnik cluster random sampling. Data yang diambil menggunakan skala agresivitas the aggression questionaire sebanyak 29 item dengan menghasilkan item yang valid sebanyak 27 item. Sedangkan kualitas komunikasi orang tua dengan anak diukur menggunakan skala kualitas komunikasi dengan menghasilkan item yang valid sebanyak 40 item. Metode analisis data yang digunakan adalah t-test product moment yang dikerjakan dengan menggunakan software statistics. Penelitian ini menghasilkan (r) kualitas komunikasi sebesar -0,361 dengan taraf signifikansi p = 0,00 dimana p < 0,05. Artinya ada hubungan yang negatif antara kualitas komunikasi antara orang tua dengan anak terhadap perilaku agresif. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan nilai t pada equal variances assumed adalah -2,589 dengan taraf signifikansi 0,000 (two tailed) dimana signifikansi < 0,05. Artinya ada perbedaan perilaku agresif antara siswa laki-laki dan siswa perempuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Agresif, Kualitas Komunikasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Adolescent Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2018 12:12
Last Modified: 21 Mar 2018 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30421

Actions (login required)

View Item View Item