HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMK NEGERI 3 SALATIGA


Aditya Kusumahadi , 1511410007 (2017) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMK NEGERI 3 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511410007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (283kB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak. Masa ini merupakan masa pencarian identitas pada diri, serta masa dimana mereka menghadapi berbagai masalah yang lebih kompleks baik masalah yang berhubungan dengan dirinya sendiri maupun masalah dengan lingkungannya. Harapan setiap remaja tentu adalah dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik dengan orang lain maupun terhadap lingkungan . Kenakalan remaja yang terjadi merupakan wujud dari penyelesaian masalah yang menggunakan cara negatif . Komunikasi dalam keluarga berfungsi untuk membangun konsep diri, aktualisasi serta kebahagiaan anggota keluarga sehingga komunikasi keluarga mempunyai pengaruh yang besar dalam pengembangan kepribadian remaja. Oleh karena itu, penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap komunikasi anak dan orang tua dengan perilaku kenakalan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMK N 3 Salatiga. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. . Data penelitian diambil menggunakan skala persepsi komunikasi dengan 54 aitem yang mempunyai koefisian validitas antara 0,000 sampai dengan 0,024 dengan reliabilitas yang masuk pada kategori tinggi sebesar 0,959. Sedangkan skala kenakalan remaja dengan 10 aitem yang mempunyai koefisien validitas antara 0,000 sampai 0,018 dengan reliabilitas sebesar 0,620. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap komunikasi anak dan orang tua dengan perilaku kenakalan remaja dengan nilai sebesar -0.223 yang berarti bahwa hubungan antara persepsi siswa terhadap komunikasi anak dan orang tua dengan perilaku kenakalan remaja memiliki hubungan yang negatif, apabila persepsi siswa terhadap komunikasi anak dan orang tua meningkat maka perilaku kenakalan remaja semakin negatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Terhadap Komunikasi Anak dan Orang tua, Perilaku Kenakalan Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2018 12:05
Last Modified: 21 Mar 2018 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30420

Actions (login required)

View Item View Item