KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs AL-IRSYAD GAJAH DEMAK


Syahril Fauzi Maulana, 2303413057 (2017) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs AL-IRSYAD GAJAH DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (608kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara dan menulis adalah keterampilan berbahasa Arab yang bersifat produktif. Penguasaan keterampilan berbicara dan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak masih rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Sehingga guru perlu menerapkan metode pembelajaran picture and picture sebagai bentuk inovasi baru dalam menarik minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Apakah metode pembelajaran picture and picture efektif bagi peningkatan keterampilan berbicara dan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak ? dan 2) Bagaimana perubahan sikap siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak setelah menggunakan metode pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran picture and picture dan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran picture and picture bagi peningkatan keterampilan berbicara dan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan eksperimen (true experiment design) dengan desain non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes berbicara dan tes menulis. Sedangkan instrumen non tes yang digunakan adalah angket tertutup. Berdasarkan data penelitian yang didapatkan, 21,21% siswa beranggapan bahwa metode picture and picture sangat membantu belajar bahasa Arab dan 78,79% siswa beranggapan bahwa metode pembelajaran picture and picture perlu diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Dari hasil nilai rata-rata keterampilan berbicara pada kelas kontrol terjadi peningkatan sebesar 3,96 dan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 5,33. Sedangkan keterampilan menulis pada kelas kontrol terjadi peningkatan sebesar 8,55 dan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 7,66. Maka dapat disimpulkan bahwa metode picture and picture efektif untuk peningkatan keterampilan berbicara, dan tidak efektif untuk keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Picture and Picture, Keterampilan Berbicara, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PJ Semitic
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2018 19:50
Last Modified: 29 Mar 2019 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30418

Actions (login required)

View Item View Item