ARABIC GRAMMAR COMIC : BUKU PENUNJANG PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS KOMIK PADA SISWA KELAS IV MADRASAH DINIYYAH DI KABUPATEN DEMAK


Rosalia Muzalfah, 2303413055 (2017) ARABIC GRAMMAR COMIC : BUKU PENUNJANG PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS KOMIK PADA SISWA KELAS IV MADRASAH DINIYYAH DI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413055.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (418kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran nahwu. pembelajaran nahwu dianggap sulit serta kurang menyenangkan bagi siswa karena banyaknya aturan-aturan dalam merangkai kalimat dalam bahasa Arab. Permasalahan ini juga menjadi bertambah dengan adanya pemakaian buku yang mereka gunakan, yaitu materi dituliskan menggunakan bahasa Arab secara keseluruhan sedangkan untuk memahami kalimat tersebut membutuhkan kaidah ilmu nahwu serta perbendaharaan kosakata yang mencukupi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya meminimalisir permasalahan yang ada dengan pengembangan buku nahwu berbasis komik yang menarik dan diminati oleh siswa, sehingga melalui membaca buku ini tanpa terasa siswa telah mempelajari materi nahwu yang terkandung di dalamnya. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa menunjukkan bahwa responden membutuhkan buku nahwu berbasis komik. Hasil validasi ahli materi dan ahli kegrafikan menunjukkan rata-rata nilai yang didominasi dengan skor 4 pada setiap indikatornya dengan interpretasi sangat layak. Perbaikan dan saran ahli terdiri dari empat aspek: 1) perbaikan aspek materi terdapat pada penerjemahan dan penulisan kosakata, 2) perbaikan aspek bahasa terdapat pada penggunaan bahasa, penambahan istilah, penggunaan gramatika dan penyederhanaan bahasa, 3) perbaikan aspek penyajian terdapat pada penyajian kosakata dan penambahan motivasi tersirat, 4) perbaikan aspek kegrafikan terdapat pada ukuran font, ukuran buku dan perbaikan font pada judul buku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arabic Grammar Comic, buku penunjang, pengembangan buku nahwu, buku berbasis komik
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PJ Semitic
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2018 19:46
Last Modified: 04 Apr 2019 17:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30417

Actions (login required)

View Item View Item