ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR SARANA PRASARANA PAUD DIKAJI BERDASARKAN PERMENDIKBUD NO. 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PAUD(Penelitian pada Lembaga PAUD di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang)


Erli Tamaya , 1601413104 (2017) ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR SARANA PRASARANA PAUD DIKAJI BERDASARKAN PERMENDIKBUD NO. 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PAUD(Penelitian pada Lembaga PAUD di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413104.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (998kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang implementasi standar sarana prasarana PAUD, dikaji berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 pada lembaga PAUD di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Peneliti melibatkan 3 lembaga PAUD, yakni TPA Karakter Pelangi Nusantara, KB Sakinah Sadeng dan TK Pertiwi 34 Patemon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolahsebagai informan utama, serta bagian tata usaha sebagai informan triangulasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi standar sarana prasarana PAUD, dikaji berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 pada lembaga PAUD di kecamatan Gunungpati, secara keseluruhan belum terpenuhi secara optimal. Beberapa standar yang belum dapat tepenuhi, yakni 3 lembaga belum memenuhi rasio gerak anak minimal 3 m2, 2 lembaga belum memiliki ruang UKS secara khusus, dan 1 lembagabelum mencapai standar minimal pada luas lahan yang dimiliki. Sementara untuk faktor pendukung dari implementasi standar sarana prasarana pada PAUD di kecamatan Gunungpatimeliputi sumbangan dana dari siswa ataupun dari pihak luar, dan SDM guru yang kuat. Sementara, faktor penghambat dari implementasi standar sarana prasarana PAUD di kecamatan Gunungpatiyakni luas lahan, letak geografis, dana, SDM guru, serta permasalahan internal yayasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sarana Prasarana, Faktor Penghambat Sarpras, Faktor Pendukung Sarpras, PAUD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2018 19:23
Last Modified: 30 Mar 2019 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30414

Actions (login required)

View Item View Item