PENERAPAN MEDIA BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA (MEMBACA AWAL) PADA KELOMPOK B DI TK KEMALA BHAYANGKARI 34 KENDAL


Desi Karunia Sari , 1601413096 (2017) PENERAPAN MEDIA BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA (MEMBACA AWAL) PADA KELOMPOK B DI TK KEMALA BHAYANGKARI 34 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413096.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (970kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil peningkatan dalam kemampuan membaca awal anak melalui penggunaan media booklet. Pengambilan sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang diambil di TK Kemala Bhayangkari 34 Kendal pada kelompok B usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Pre experimental Design dengan jenis one group pretest posttest design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian dibagi menjadi 14 kali pertemuan (1 kali pretest, 12 kali perlakuan dan dilanjutkan 1 kali posttest). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca awal anak kelompok B dengan rincian sebagai berikut: sebesar 81,82% anak memiliki kemampuan membawa awal dengan kategori baik serta 18,18% anak memiliki kemampuan membaca awal sangat baik. Berdasarkan perhitungan statistik di dapatkan bahwa nilai thitung > ttabel , apabila thitung bernilai (+). Jika bernilai (-) maka dikonversikan secara matematis, Dari hasil penelitian diperoleh dengan nilai thitung sebesar -36,516 sedangkan besar ttabel adalah -2,0369. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan kemampuan membaca awal anak setelah menggunakan booklet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Booklet, Kemampuan membaca awal, anak usia dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 20 Mar 2018 19:18
Last Modified: 02 Apr 2019 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30413

Actions (login required)

View Item View Item