EFEKTIVITAS MAKET TAMAN LALIN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF (KLASIFIKASI) PADA ANAK KELOMPOK A DI RA PERWANIDA 03, KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL


Nurul Afifah , 1601413063 (2017) EFEKTIVITAS MAKET TAMAN LALIN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF (KLASIFIKASI) PADA ANAK KELOMPOK A DI RA PERWANIDA 03, KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413063.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (579kB) | Preview

Abstract

Kemampuan kognitif klasifikasi merupakan sebuah kemampuan dalam menggolongkan atau mengelompokkan suatu benda berdasarkan jenis atau golongannya. Pengembangan kemampuan klasifikasi pada anak dapat dilatih sejak dini, manfaatnya anak terlatih untuk bisa berpikir secara logis. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menstimulus perkembangan kognitif dalam kemampuan klasifikasi pada anak usia dini adalah permainan melalui benda konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan klasifikasi anak kelompok A melalui penerapan media maket taman lalu lintas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelompok A usia 4-5 tahun RA Perwanida 03. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 anak dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai – t tabel > t hitung > t tabel, yaitu (- 2.045 > -17.626 atau 17.626 > 2.045), dengan sig = 0.000. Perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari nilai sig 2 tailed < 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media maket taman lalu lintas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan konsep klasifikasi anak kelompok A. Saran: 1) kemampuan klasifikasi menggunakan media maket taman lalu lintas dapat digunakan sebagai alternatif dalam memberikan materi pengetahuan pengelompokkan benda berdasarkan suatu golongan. 2) pemberian materi klasifikasi dapat menggunakan media yang bervariasi agardapat terealisasi dengan baik. The cognitive ability of classification is an ability to categorize classify an object by type or class. Development of classification skills in children can be trained from an early age, the benefit is to train children to think logically. One of the media that can be used to stimulate cognitive development in classification abilities in early childhood is the game through concrete objects. This study aims to acknoladge the increament in classification ability of group A children through the application of media park traffic Mockets. The method that used in this research is experiment with one-group pretest-posttest design. The population of this study were students of group A age 4-5 years RA Perwanida 03. The sample of this study consisted of 30 children by using a saturated sampling technique that is the technique of determining the sample when all members of the population used as a sample. Data collection method in this research is test method and documentation method. The calculation results of the hypothesis test calculation obtained value - t table> t arithmetic > t table, is (- 2.045> -17.626 or 17.626> 2.045), with sig = 0.000. Significant differences can be seen from the sig value of 2 tailed <0.05 ie 0.000. Based on the description, it can be concluded that the use of media park traffic garden Mockets significantly influence the ability of the concept of classification of children group A. Suggestion: 1) classification capability using media park traffic mockets can be used as an alternative in providing material knowledge grouping of objects based on a class. 2) Giving classification materials may use varied media in order to be well realized.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kognitif, Maket, Kemampuan Klasifikasi, Anak Usia 4-5 Tahun, Cognitive, Mockets, Classification Ability, Ages 4-5 Years
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2018 18:56
Last Modified: 30 Mar 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30408

Actions (login required)

View Item View Item