PENGARUH KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA DAN KONFLIK KELUARGA-PEKERJAAN TERHADAP PERILAKU DEPRESI YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA DAN KEPUASAN HIDUP (Studi Pada Perawat Wanita Di RSUD Setjonegoro dan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo)


Sulimah , 7311413070 (2017) PENGARUH KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA DAN KONFLIK KELUARGA-PEKERJAAN TERHADAP PERILAKU DEPRESI YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA DAN KEPUASAN HIDUP (Studi Pada Perawat Wanita Di RSUD Setjonegoro dan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413070.pdf] PDF - Published Version
Download (870kB)

Abstract

Pola pikir keluarga Indonesia pada jaman dahulu ialah seorang suami bekerja di luar untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan seorang istri mengasuh anak serta mengurus rumah tangga. Namun, seiring berjalannya waktu pola pikir tersebut mulai bergeser. Masyarakat percaya bahwa wanita mampu berperan lebih dibanding hanya mengurus rumah tangga. Seorang wanita yang menjalani dua peran sekaligus, sebagai seorang pekerja dan juga sebagai ibu rumah tangga tidaklah mudah. Peran ganda dialami oleh wanita tersebut karena selain berperan di dalam keluarga, wanita tersebut juga harus berperan di dalam kehidupan kerjanya. Konflik pekerjaan-keluarga dan konflik keluarga-pekerjaan muncul akibat dari benturan tanggung jawab pada kedua domain tersebut. Seorang wanita yang mengalami konflik pekerjaan-keluarga dan konflik keluarga-pekerjaan akan sangat rentan untuk mengalami depresi. Namun depresi akibat konflik peran ganda yang dialami oleh wanita tersebut dapat dapat diatasi dengan meningkatkan kepuasan kerja dan kepuasan hidup. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konflik pekerjaan-keluarga dan konflik keluarga-pekerjaan pada perilaku depresi yang dimediasi oleh kepusan kerja dan kepuasan hidup. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perawat wanita di RSUD Setjonegoro dan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan jumlah sampel sebanyak 133 perawat perempuan yang sudah menikah. Metode analisis data menggunakan analisis faktor, analisis regresi dan analisis jalur. Analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis dalam penelitin diterima. Konflik pekerjaan-keluarga mempunyai pengaruh pada perilaku depresi baik secara langsung maupun dimediasi oleh kepuasan kerja dan kepuasan hidup. Begitu pula konflik keluarga-pekerjaan mempunyai pengaruh pada perilaku depresi baik secara langsung maupun dimediasi oleh kepuasan kerja dan kepuasan hidup. Saran bagi perawat yaitu sebaiknya meningkatkan kepuasan kerja serta kepuasan hidup sehingga hal ini mampu untuk mengatasi konflik peran ganda yang dialaminya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konflik Pekerjaan-Keluarga, Konflik Keluarga-Pekerjaan, Perilaku Depresi, Kepuasan Kerja, Kepuasan Hidup.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2019 14:03
Last Modified: 19 Jun 2019 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30404

Actions (login required)

View Item View Item