PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, IKLIM KELAS, PEMBERIAN TUGAS, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR (Studi Komparasi SMK Negeri 1 Blado dan SMK PGRI Batang Tahun Ajaran 2016/2017)
Atitik Nurhijah , 7101413248 (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, IKLIM KELAS, PEMBERIAN TUGAS, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR (Studi Komparasi SMK Negeri 1 Blado dan SMK PGRI Batang Tahun Ajaran 2016/2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kreativitas belajar adalah salah satu bentuk perubahan pola perilaku dalam tindakan manusia yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri maupun bagi orang lain, namun utamanya adalah menemukan sesuatu baik berbentuk gagasan, ide, maupun produk yang baru bagi diri mereka sendiri sebagai bentuk pemecahan masalah dalam proses belajar yang dilakukan oleh setiap individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan pola asuh orang tua, iklim kelas, pemberian tugas, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar antara siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Blado dan SMK PGRI Batang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk komparatif. Populasinya yaitu siswa kelas XI SMK Negeri 1 Blado dan SMK PGRI Batang Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability sampling dengan sampel jenuh yang berjumlah 193 siswa. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket atau kuesioner. Data variable yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, analisis regresi berganda, dan independent sample t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh pola asuh orang tua, iklim kelas, pemberian tugas, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar sebesar 77,9% pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Blado dan 61% pada siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI Batang. Terdapat perbedaan rata-rata kreativitas belajar, pola asuh orang tua, iklim kelas, motivasi belajar, dan kemandirian belajar, namun tidak terdapat perbedaan rata-rata pemberian tugas antara siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Blado dan SMK PGRI Batang tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan adalah meningkatkan pola asuh orang tua pada siswa kelas XI SMK PGRI Batang seperti orang tua tidak mengganggu ketika anak sedang belajar dan mengingatkan waktu belajar pada anak, meningkatkan motivasi belajar seperti tetap berusaha belajar dan percaya bahwa akan berhasil dalam pembelajaran akuntansi dengan usaha yang keras, serta diperlukan faktor-faktor lain sebagai prediktor dalam memprediksi kreativitas belajar. Learning creativity is one form of behavioral patterns change in human actions that benefit both the person and the person, but the main thing to find something in new ideas, and products for themselves as a form of problem solving in the learning process by every individual. The purpose of this research is to know the influence and the difference of parenting pattern, classroom climate, assignment giving, learning motivation, and independence learning to the learning creativity between the students of class XI Accounting Vocational High School 1 Blado and Vocational High School PGRI Batang academic year 2016/2017. This research is a quantitative research with comparative. The population are students of class XI Accounting Vocational High School 1 Blado and Vocational High School PGRI Batang Academic Year 2016/2017. The sampling technique is used Nonprobability sampling with a saturated sample of 193 students. The methods used in data collection are questionnaires. The data of the obtained variables were analyzed by descriptive statistical analysis, multiple regression analysis, and independent sample t-test The result of hypothesis test is the influence of parenting pattern, classroom climate, assignment giving, learning motivation, and independence learning to creativity of learning in amount 77,9% in student of class XI Vocational High School 1 Blado and 61% for student of class XI Vocational High School PGRI Batang. There are differences in creativity learning, parenting pattern, classroom climate, learning motivation, and independence learning, but no difference in assignment giving between students of class XI Accounting Vocational High School 1 Blado and Vocational High School PGRI Batang academic year 2016/2017. Based of the result of the study, suggestions given to improve parenting pattern on students of class XI Accounting Vocational High School PGRI Batang like parents don’t disturb the children when they study, remind a study time to children, etc, improve the motivation learning as still trying to learn and believe that will succeed in accounting learning with hard effort, it’s needed other factors as a predictor to predict creativity learning.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Belajar, Pola Asuh Orang Tua, Iklim Kelas, Pemberian Tugas, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar Learning Creativity, Parenting Patterns, Classroom Climate, Assignment Giving, Learning Motivation, Independence Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 20 Mar 2018 13:48 |
Last Modified: | 20 Mar 2018 13:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30402 |
Actions (login required)
View Item |