PENGARUH PERSON ORGANIZATION FIT DAN PERSONALITY PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN ORGANIZATIONAL COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada karyawan Hotel Kesambi Hijau Semarang)


Wiwit Nur Afie Aussy , 731141305 (2017) PENGARUH PERSON ORGANIZATION FIT DAN PERSONALITY PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN ORGANIZATIONAL COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada karyawan Hotel Kesambi Hijau Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Organizational Citizenship Behavior (OCB) menjadi salah satu langkah yang dapat menguntungkan perusahaan karena perilaku ekstra yang dilakukan oleh karyawan pada perusahaan tanpa imbalan, hal ini menjadi aspek penting bagi perusahaan untuk meningkatkan keuntungan. Person Organization Fit (P-O fit) dan Personality dapat berpengaruh positif pada tingkat OCB, hal ini dapat dimediasi oleh Organizational Commitment. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji apakah P-O fit dan personality dapat berpengaruh positif dan signifikan pada OCB serta menuji apakah Organizational Commitment dapat memediasi pengaruh positif dan signifikan antara P-O fit dan Personality pada OCB. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Hotel Kesambi Hijau Semarang dengan menggunakan teknik sampel jenuh sebesar 70 responden yang kesemuanya adalah karyawan Hotel Kesambi Hijau Semarang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis berganda secara parsial, dan analisis path menggunakan IBM SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan P-O fit berpengaruh positif dan signifikan pada organizational commitment (t hitung 4,550 dan signifikansi 0,000<0,05), Personality berpengaruh positif dan signifikan pada organizational commitment (t hitung 3,160 dan signifikansi 0,002>0,05), organizational commitment berpengaruh positif dan signifikan pada OCB (t hitung 6,833 dan signifikansi 0,000<0,05), P-O fit tidak berpengaruh pada OCB (t hitung 1,536 dan signifikansi 0,129>0,05), Personality berpengaruh positif dan signifikan pada OCB (t hitung 6,428 dan signifikansi 0,000<0,05). Serta pada peran mediasi menunjukkan bahwa organizational commitment dapat memediasi P-O fit pada OCB (koefisien jalur tidak langsung 0,149> koefisien jalur langsung -0,038) serta organizational commitment dapat memediasi Personality pada OCB (koefisien jalur tidak langsung 1,218> koefisien jalur langsung 0,493). Sehingga H1, H2, H3, H5, H6, dan H7 diterima, namun H4 tidak diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Person Organization Fit tidak dapat mempengaruhi OCB dan Personality dapat mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior, tapi Organizational Commitment dapat memediasi hubungan pengaruh antara P-O fit dan Personality pada OCB.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Personality, Person Organization Fit, Organizational Citizenship Behavior, dan Organizational Commitment.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2019 14:02
Last Modified: 19 Jun 2019 14:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30399

Actions (login required)

View Item View Item