PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X (Studi Kasus di MA Sunan Prawoto Pati Tahun Ajaran 2016/2017)


Ika Fitriyanti , 7101413244 (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X (Studi Kasus di MA Sunan Prawoto Pati Tahun Ajaran 2016/2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413244.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (869kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar yaitu hasil kegiatan belajar sejauh mana peserta didik menguasai bahan pelajaran yang telah diajarkan. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa prestasi belajar ekonomi kelas X MA Sunan Prawoto masih cukup rendah yang dilihat dari nilai Ulangan Akhir Semester mata pelajaran ekonomi siswa masih banyak yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 139 siswa, sedangkan sampel berjumlah 103 siswa. Variabel yang dikaji meliputi prestasi belajar ekonomi (Y), kecerdasan emosional (X1), dan lingkungan teman sebaya (X2). Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Kemudian metode analisis data meliputi analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis regresi linier berganda yang dihitung menggunakan program SPSS 20,0 diperoleh Y= 21,328 + 0,420X1 + 0,363X2. Berdasarkan uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 74,282 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh secara simultan kecerdasan emosional dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi. Kemudian uji parsial X1 terhadap Y diperoleh thitung sebesar 5,614 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh secara parsial kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi. Dan uji parsial X2 terhadap Y diperoleh thitung sebesar 5,074 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh secara parsial lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi. Simpulan dalam penelitian ini yaitu secara simultan maupun secara parsial ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X MA Sunan Prawoto tahun ajaran 2016/2017. Saran dalam penelitian ini siswa diharapkan lebih meningkatkan kecerdasan emosional dapat dilakukan dengan cara mengenali emosi diri, memotivasi diri sendiri, pengendalian emosi diri, mengenal emosi orang lain, dan membina hubungan dengan orang lain. Selanjutnya siswa diharapkan dapat memperhatikan pergaulan antar sesama teman karena dengan kelompok yang positif maka cenderung mempengaruhi perilaku menjadi positif begitu juga sebaliknya. Sehingga dengan kecerdasan emosional dan lingkungan teman sebaya yang baik maka akan mempengaruhi prestasi belajar yang baik pula. Learning achievement as a result of learning activities indicates the students’ ability in mastering the lesson material that have been taught. The result of observation showed that the economics learning achievement of class X MA Sunan Prawoto is still quite low that seen from the final exam value of economics subject, many students are still under the Minimum Criteria of Mastery Learning. The populations in this research amounted to 139 students, while the sample amounted to 103 students. The variables studied include economics learning achievement (Y), emotional intelligence (X1), and peer environment (X2). The sampling technique used the proportional random sampling, while the data collection methods used questionnaire and documentation. Then the data analysis methods include descriptive analysis and inferential statistics. The result of multiple linear regression analysis were calculated using SPSS 20.0 was obtained Y = 21,328 + 0,420X1 + 0,363X2. Based on simultaneous test obtained Fcount equal to 74,282 with a significance 0,000 <0,05 which indicates that there was simultaneous influence of emotional intelligence and peer environment on economics learning achievement. Then the partial test of X1 to Y obtained tcount to 5,614 with significance 0,000 <0,05 which indicate there was partial influence of emotional intelligence on economics learning achievement. Then, partial test of X2 to Y obtained tcount equal to 5,074 with significance 0,000 <0,05 which showed there was partial influence of peer environment on economics learning achievement. The conclusion in this research is simultaneously or partially there is a positive and significant influence between emotional intelligence and peer environment to the economics learning achievement of students of class X MA Sunan Prawoto academic year 2016/2017. Suggestions in this research, students are expected to improve emotional intelligence, it can be done by recognizing self-emotion, self-motivation, self-emotional control, recognize other people’s emotion, and keep the relationship with others. Furthermore, students are expected to consider the interactions between others because positive friends create a positive behavior and vice versa. So by the emotional intelligence and a good peer environment it will improve the learning achievement.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Ekonomi. Emotional Intelligence, Peer Environment, Economics Learning Achievement.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 20 Mar 2018 12:27
Last Modified: 20 Mar 2018 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30394

Actions (login required)

View Item View Item