PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI-AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)


Suhartatik , 7101413243 (2017) PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI-AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413243.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecurangan akademik adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dengan sengaja untuk menguntungkan dirinya sendiri dengan cara berbuat curang, menipu orang lain dengan tipu muslihat, plagiarism tugas, memanipulasi data serta mencakup semua cara dimana kelicikan digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan keuntungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana konsep fraud diamond yang terdiri dari tekanan, peluang, rasionalisasi, dan kemampuan berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa, dan kecerdasan spiritual mampu memoderasi secara signifikan pengaruh tekanan, peluang, rasionalisasi dan kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi-Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian 421 mahasiswa jurusan Pendikan Ekonomi khususnya prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2014, 2015, dan 2016. Penentuan ukuran sampel digunakan rumus Slovin dan didapat sampel 206 mahasiswa. Responden ditentukan dengan cara accidental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data yaitu metode angket. Analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan pengujian pure moderator. Hasil penelitian menunjukan bahwa tekanan tidak berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kecurangan akademik. Sedangkan, secara parsial peluang (3,24%), rasionalisasi (3,92%), dan kemampuan (4,16%) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa. Hasil penelitian lainnya yaitu bahwa kecerdasan spiritual secara signifikan mampu memoderasi pengaruh tekanan, peluang, rasionalisasi, dan kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi-Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Kesimpulan konsep fraud diamond yang terdiri dari peluang, rasionalisasi, dan kemampuan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa, kecuali tekanan. Kecerdasan spiritual secara signifikan mampu memoderasi pengaruh tekanan, peluang, rasionalisasi, dan kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa. Saran untuk penelitian selanjutnya mencari variabel independen selain dalam penelitian ini karena hasil koefisien determinasi parsial (r2) pada penelitian ini menunjukan kontribusi yang rendah. Tekanan dapat menggunakan grand theory selain teori fraud diamond, kognitif sosial dan humanistik misalnya dengan Teori Planned Behavior (TPB). Saran bagi fakultas dan dosen dapat meminimalisir kecurangan akademik dengan membuat kebijakan dalam peningkatan kecerdasan spiritual seperti pentingnya nilai kejujuran mahasiswa dalam penyelesaian tugas maupun ujian. Academic fraud is a deliberate act by a person to benefit himself by cheating, deceiving others by trickery, task plagiarism, manipulating data and covering all the ways in which cunning is used by someone to make a profit. The purpose of this research is to know the concept of fraud diamond consisting of pressure, opportunity, rationalization, and capability have a significant positive effect to student academic fraud, and spiritual intelligence can moderate significantly influence of pressure, opportunity, rationalization and capability to student academic fraud behavior. The study population 421 students majoring in Economic Education, department of Accounting Education Semarang State University class of 2014, 2015 and 2016. Determination of sample size used Slovin formula and got sample of 206 students. Respondents were determined by accidental means. Sampling technique used proportional random sampling technique. The method of data collection is questionnaire method. Data analysis using Moderated Regression Analysis (MRA) with pure moderator test. The results showed that the pressure did not affect significantly and positively to academic fraud. Partial opportunities (3.24%), rationalization (3.92%), and capability (4.16%) have a positive and significant effect on student academic fraud behavior. The other result of research is that spiritual intelligence is significantly able to moderate the influence of pressure, opportunity, rationalization, and capability to academic fraud behavior of students majoring in Economics-Accounting Education Semarang State University. The conclusion of the concept of diamond fraud which consists of opportunities, rationalization, and ability to partially influence positively and significantly to student's academic cheating behavior, except pressure. Spiritual intelligence is significantly able to moderate the influence of pressure, opportunity, rationalization, and ability to student academic cheating behavior. Suggestion for further research look for independent variable besides in this research because result of partial determination coefficient (r2) in this research show low contribution. Pressure can use the grand theory in addition to the theory of fraud diamond, social cognitive and humanistic for example with Planned Behavior Theory (TPB). Suggestions for faculty and lecturers to minimize academic cheating by making policies in improving spiritual intelligence such as the importance of honesty value of students in the completion of duties and exams.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecurangan Akademik, Tekanan, Peluang, Rasionalisasi, Kemampuan, Teori Fraud Diamond, Kecerdasan Spiritual Academic Fraud, Pressure, Opportunity, Rationalization, Capability, Fraud Diamond Theory, Spiritual Intelligence.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 19 Mar 2018 14:01
Last Modified: 19 Mar 2018 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30377

Actions (login required)

View Item View Item