STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK N 1 DUKUHTURI


Laelatuzzahro , 7101413240 (2017) STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK N 1 DUKUHTURI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413240.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (646kB) | Preview

Abstract

Cakupan masalah penelitian ini adalah kurang baiknya karakter siswa meskipun sekolah telah menerapkan pendidikan karakter. Guru di SMK N 1 Dukuhturi tidak memiliki strategi untuk menanamkan pendidikan karakter ke diri siswa, agar siswa menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada pembelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah empat orang guru program studi akuntansi dan sepuluh siswa akuntansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara. Keabsahan data diperiksa menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan 18 nilai karakter yang disarankan oleh Diknas. Strategi yang dilakukan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa yaitu sebagai berikut: dengan menjadi guru yang teladan dapat membuat siswa mencontoh karakter yang baik dari guru. Pemberian nasihat di dalam kelas yang berkaitan dengan materi akuntansi dapat dijadikan pedoman bagi siswa ketika terjun dalam dunia kerja. Guru yang memperlakukan siswa dengan baik akan menghasilkan siswa yang baik pula. Dengan program sekolah berupa pembiasaan menerapkan karakter yang baik, siswa mulai terbiasa berkarakter baik. Bank mini sekolah dapat dijadikan media untuk melatih kompetensi siswa dan menerapkan karakter yang baik pada siswa. Simpulan dari penelitian ini yaitu guru Akuntansi menerapkan pendidikan karakter dengan cara ikut melaksanakan program literasi dari sekolah yang berupa pembiasaan, memanfaatkan bank mini sekolah, dan strategi lain yang dilaksanakan pada pembelajaran di dalam kelas. Saran yang diajukan untuk sekolah adalah hendaknya pihak sekolah hendaknya menekankan pada seluruh warga sekolah bahwa pendidikan karakter bukan hanya tanggung jawab guru mata pelajaran tertentu saja, namun seluruh warga sekolah. The scope of this research problem is the lack of good character of the students even though the school has implemented character building. The teachers at SMK N 1 Dukuhturi do not have a strategy to instill character building into the students yet, so that the students apply the values of character in everyday life. The purpose of this study is to find out how the strategy of teachers in implementing character building on accounting learning. This research is a qualitative descriptive research. This research was conducted at SMK N 1 Dukuhturi, Tegal regency. The research design which is used is case study. The subjects of this study were four teachers of accounting study program and ten accounting students. Data collection techniques which is used are interviews, observations, and documentations. The data collection instrument is an interview guide. The validity of the data is checked using source triangulation techniques and engineering triangulation. Data analysis was done descriptively using data analysis technique model Miles and Huberman. The data analysis phase includes data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. The research results showed that the teacher has applied 18 character values which are suggested by Diknas. Teachers strategies of applyng character education for students are: being an exemplary teacher can make students imitate the good character of the teacher. Giving classroom advice related to accounting material can be used as a guide for students when they are in the workplace. The teachers who treat students well will produce good students as well. With a school program in the form of habituation to apply good character, students start accustomed to good character. Mini school bank can be used as media to train students' competence and apply good character to students. The conclusion of this research is accounting teachers apply character building by participating in the literacy program of the school in the form of habituation, utilizing school mini bank, and other strategies which are implemented on learning in the classroom. The suggestions proposed for schools should be the school should emphasize to all school citizens that character building is not only the responsibility of teachers of certain subjects, but the entire school.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Akuntansi, Strategi Pembelajaran. Character Building, Accounting Learning, Learning Strategy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 19 Mar 2018 13:42
Last Modified: 19 Mar 2018 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30372

Actions (login required)

View Item View Item