PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, KECERDASAN ADVERSITAS, DAN LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI PREDIKTOR MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK TAMTAMA KARANGANYAR KEBUMEN


Siti Taufikul Hikmah , 7101413229 (2017) PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, KECERDASAN ADVERSITAS, DAN LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI PREDIKTOR MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK TAMTAMA KARANGANYAR KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413229.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (808kB) | Preview

Abstract

Minat berwirausaha adalah keinginan, ketertarikan, serta kesediaan individu melalui ide-ide yang dimiliki untuk bekerja keras guna memenuhi kebutuhan hidupnya, tanpa merasa takut dengan resiko yang akan terjadi, dapat menerima tantangan, percaya diri, kratif, dan inovatif serta mempunyai kemampuan dan keterampilan untuk memenuhi kebutuhan. Minat berwirausaha dimana didukung oleh pendidikan kewirausahaan, kecerdasan adversitas, dan lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, kecerdasan adversitas, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Tamatama Karanganyar Kebumen tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Tamatama Karanganyar Kebumen tahun 2017 yang berjumlah 374 siswa. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Ada 342 angket yang kembali, dari 374 angket yang didistribusikan. Data kemudian dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan, kecerdasan adversitas, dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Tamatama Karanganyar Kebumen (56%) secara simultan. Secara parsial pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa (29,16%). Kecerdasan adversitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa (10,5%). Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa (4,62%). Pendidikan kewirausahaan, kecerdasan adversitas, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Tamatama Karanganyar Kebumen baik secara simultan maupun parsial. Diharapkan siswa kelas XI dapat terus menumbuhkan minat berwirausaha melalui pelatihan-pelatihan kemandirian dan praktik-praktik di sekolah sehingga dapat menjadi bekal setelah lulus SMK. Perlu kerja sama antara guru dan orang tua dalam mendukung pembelajaran agar dapat mengembangkan minat berwirausaha siswa. Entrepreneurship interest is a desire, an attracted, and an individual willingness by the ideas that they have for work hard in order to fulfill their requirements in lives, with no afraid of the risk that will occur, can accept challenges, confident, crative and innovative, and have ability and skills to fulfill ther requirements. Entrepreneurship interest where supported by entrepreneurship education, adversity intelligence, and family environment. This research aims to know the effect of entrepreneurship education, adversity intelligences, and family environment on the entrepreneurship interest of 11th grader at Tamtama Vocational School Karanganyar in 2017. The population in this research is all of the students in 11th grader at Tamtama Vocational School Karanganyar in 2017 amounted to 374 students. This research using questionnaire as instrument of data collection. There are 342 returning qustionnaires, out of 374 distributed questionnaires. Then the data analyzed using descriptive statistic analysis method and multiple linear regression analysis method. The results showed that entrepreneurship education, adversity intelligence, and family environment have a positive and significant effect on entrepreneurship interest of 11th grader at Tamtama Vocational School Karanganyar, Kebumen (56%) simultaneously. Partially entrepreneurship education has a positive and significant effect on student entrepreneurship interest (29,16%). Adversity intelligence has a positive and significant effect on student entrepreneurship interest (10,5%). Family environment has a positive and significant effect on student entrepreneurship interest (4,62%). Entrepreneurship education, adversity intelligence, and family environment have effect on entrepreneurship interest of 11th grader at Tamtama Vocational School Karanganyar Kebumen either simultaneously or partially. Hopefully, the 11th grader can continue to grow entrepreneurship interest with autonomy trainings and school practices so they can be provision after graduating from vocational school. Need cooperation between teachers and parents in supporting learning in order to develop students entrepreneurship interest.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Kecerdasan Adversitas, Lingkungan Keluarga. Interest in Entrepreneurship, Entrepreneurship Education, Adversity Intelligence, Family Environment.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 19 Mar 2018 13:37
Last Modified: 19 Mar 2018 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30367

Actions (login required)

View Item View Item