PENERAPAN TARI GECULAN BOCAH DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI PAKIS KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG


Rumiyati , 1601413052 (2017) PENERAPAN TARI GECULAN BOCAH DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI PAKIS KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (831kB) | Preview

Abstract

Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dalam Permendikbud nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini terdapat standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) PAUD kurikulum 2013 terdiri atas kesadaran diri, rasa tanggungjawab diri sendiri dan orang lain, dan perilaku sosial. Kesadaran diri meliputi memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi, memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada orang dewasa yang tepat), dan mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara wajar. Rasa tanggungjawab diri sendiri dan orang lain meliputi tahu akan haknya, menaati aturan kelas ( kegiatan, aturan), mengatur diri sendiri, dan bertanggungjawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri. Perilaku prososial meliputi bermain dengan teman sebaya, mengetahui perasaan temannya dan mersepon secara wajar, berbagi dengan orang lain, menghargai hak/pendapat/karya orang lain, menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah), bersikap kooperatif dengan teman, menunjukkan sikap toleran, mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias dsb), dan mengenal tata karma dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang melalui treatment Tari Geculan Bocah. Metode peenelitian yang digunakana adalah eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Dalam hal ini treatment diberikan kepada anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 33 anak. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample t-Test. Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Pakis pada awalnya sebesar 47,24%. Kemudian diberi treatment Tari Geculan Bocah. Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Pakis meningkat menjadi 82,12%. Besarnya peningkatan yang terjadi sebesar 34,88%. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: terdapat peningkatan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tari Geculan Bocah, perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 13:09
Last Modified: 02 Apr 2019 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30366

Actions (login required)

View Item View Item