MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN DI PAUD INKLUSI KB-TK TALENTA SEMARANG


Ati Rahmawati , 1601413048 (2017) MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN DI PAUD INKLUSI KB-TK TALENTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

KB-TK Talenta merupakan sekolah berbasis inklusi yang memiliki program tahunan seni pertunjukan sekaligus penglepasan siswa TK B yang dinyatakan lulus. Seni pertunjukan adalah kegiatan apresiasi untuk mengembangkan kompetensi anak. Pada sebuah lembaga sekolah inklusi, seni pertunjukan dapat menumbuhkan rasa simpati dan sikap toleransi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen penyelenggaraan seni pertunjukan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengawasan di PAUD Inklusi KB-TK Talenta Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Informan penelitian terdiri penanggung jawab kegiatan, koordinator kegiatan dan penanggng jawab acara, pelatih vocal dan pelatih tari. Sumber data diperoleh memalui informan, pustaka dan dokumen. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Berdasarkan hasil analisis data, manajemen seni pertunjukan di PAUD Inklusi KB-TK Talenta Semarang meliputi: Perencanaan diawali dengan penentuan tema dan proses penggarapan yang membutuhkan peran guru kelas dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus, baik saat latihan, gladi bersih maupun pertunjukan. Struktur organisasi merupakan sistem kerja yang diterapkan, yaitu koordinator bertugas membentuk struktur kepanitiaan yang melibatkan guru dan orang tua. Jenis pertunjukan yang dipersembahkan yaitu, vocal, tari dan opera. Terdapat penanggungjawab untuk mengarahkan anak berkebutuhan khusus saat berada di panggung. Pengawasan dilakukan oleh penanggungjawab kegiatan, baik melalui pengamatan dan laporan pertanggungjawaban. Rangkaian proses ini berjalan secara flesksibel dan menyesuaikan kemampuan kepanitiaan, kebutuhan penampilan serta kondisi nyata di lapangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen seni Pertunjukan, Paud inklusi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
L Education > Special Education > Art education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 13:06
Last Modified: 30 Mar 2019 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30364

Actions (login required)

View Item View Item