PENGETAHUAN PERSONAL SAFETY BENCANA TANAH LONGSOR BERDASARKAN PADA PENERAPAN MEDIA ADOBE FLASH CS5 DI TK PGRI TUNAS PATRIOT KABUPATEN BANJARNEGARA


Diyan Ayu Apriliani , 1601413007 (2017) PENGETAHUAN PERSONAL SAFETY BENCANA TANAH LONGSOR BERDASARKAN PADA PENERAPAN MEDIA ADOBE FLASH CS5 DI TK PGRI TUNAS PATRIOT KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan personal safety bencana tanah longsor merupakan pengetahuan tentang keamanan pribadi terhadap bencana tanah longsor. Anak-anak yang tidak terbekali dengan pengetahuan personal safety akan memiliki rasa cemas. Salah satu media yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan personal safety pada anak usia dini melalui bermain dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan personal safety bencana tanah longsor anak usia 5-6 tahun melalui penerapan media adobe flash cs5. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah 70 anak dengan 35 anak sebagai kelompok kontrol dan 35 anak sebagai kelompok eksperimen yang diambil dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Tunas Patriot. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Hasil uji hipotesis diperoleh t pretest kelompok kontrol adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan karena memiliki nilai thitung = -1.571 dengan tingkat signifikan lebih dari 0,05 yaitu 0,340 > 0,05. Artinya, pengetahuan personal safety bencana tanah longsor anak sebelum diberi perlakuan relatif sama. Setelah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen terdapat peningkatan pada pengetahuan personal safety bencana terlihat dari mean (rata-rata) pada kelompok eksperimen sebesar 137,14 dan kelompok kontrol sebesar 103,71 dengan selisih 33,43 serta nilai thitung pada posttest sebesar -24,185 dengan Sig. (2 tailed) 0,00 < 0,05. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media adobe flash cs5 memberikan peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan personal safety bencana tanah longsor pada anak usia 5-6 tahun. Saran: 1) Media adobe flash cs5 dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memberikan materi pengetahuan bencana khususnya bagi anak-anak yang ada di daerah rawan bencana tanah longsor. 2) Pemberian materi dengan media adobe flash cs5 dapat diberikan dengan berbagai variasi agar dapat terealisasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Adobe Flash CS5, Pengetahuan Personal Safety, Anak Usia 5-6 Tahun, Bencana Tanah Longsor
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 13:03
Last Modified: 04 Apr 2019 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30362

Actions (login required)

View Item View Item