PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK USIA DINI BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN DI DESA KRASAK, KECAMATAN PECANGAAN, KABUPATEN JEPARA


Umi Faizah , 1601413004 (2017) PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK USIA DINI BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN DI DESA KRASAK, KECAMATAN PECANGAAN, KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (925kB) | Preview

Abstract

Tingginya kasus kekerasan seksual pada anak yang dilakukan oleh orangorang terdekat anak termasuk keluarga menunjukkan pentingnya pendidikan seks usia dini.Peranan orangtua sangat strategis dalam mengenalkan pendidikan seksual kepada anak. Orangtuasebagai pendidik dilingkup keluarga harus memiliki pengetahuan tentang pendidikan seks untuk anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan pengetahuan orangtua tentang pendidikan seksual anak usia dini berdasarkan jenjang pendidikan dan apakah orangtua yang tamat perguruan tinggi memiliki pengetahuan tentang pendidikan seksual anak usia dini lebih tinggi daripada orangtua yang tamat SMA dan SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan fakta dan menjelaskan perbedaan pengetahuan orangtua tentang pendidikan seksual anak usia dini berdasarkan jenjang pendidikan dan untuk menjelaskan bahwa orangtua yang tamat perguruan tinggi memiliki pengetahuan tentang pendidikan seksual anak usia dini lebih tinggi daripada orangtua yang tamat SMA dan SMP Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif komparatif dengan subjek penelitian adalah orangtua yang memiliki anak usia 4-6 tahun yang tamat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di Desa Krasak, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan Skala Pengetahuan Orangtua tentang Pendidikan Seksual Anak Usia Dini, sedangkan analisis data menggunakan F-test. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan statistik, diperoleh F hitung 65,041 yang berarti F hitung > F tabel (65,041>3,16) dan p value 0,000 yang berarti p value< 0,05 (0,000<0,05), dengan nilai mean sebesar 85,3 untuk kelompok orangtua tamat SMP, 103,2 untuk kelompok orangtua tamat SMA, dan 123,2 untuk kelompok orangtua tamat Perguruan Tinggi, maka hipotesis diterima. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan orangtua tentang pendidikan seksual anak usia dini berdasarkan jenjang pendidikan, dan orangtua yang tamat perguruan tinggi memiliki pengetahuan tentang pendidikan seksual anak usia dini yang lebih tinggi daripada orangtua yang tamat SMA dan SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan orangtua, pendidian seksual, anak usia dini, jenjang pendidikan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 12:57
Last Modified: 04 Apr 2019 14:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30361

Actions (login required)

View Item View Item