PENERAPAN METODE BERCERITA TENTANG PENDIDIKAN SEJARAH UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP NASIONALISME ANAK USIA DINI DI TK HANDAYANI BREBES


Nadia Ameliana Putri , 1601413002 (2017) PENERAPAN METODE BERCERITA TENTANG PENDIDIKAN SEJARAH UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP NASIONALISME ANAK USIA DINI DI TK HANDAYANI BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sejarah adalah proses pewarisan nilai budaya, pengetahuan, keterampilan dan perjuangan kesejarahan dari serangkaian peristiwa masa lampau yang sudah terjadi yang disusun dan dirancang berfungsi sebagai materi dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik guna mengembangkan kesadaran ilmu sejarah sehingga tidak mudah luntur dalam diri generasi muda penerus bangsa. Penanaman pendidikan sejarah perlu dimiliki sejak usia dini agar anak terbiasa mengetahui dan memaknai peristiwa sejarah pada masa lampau sehingga dapat digunakan sebagai landasan sikap dalam menghadapi kenyataan pada masa sekarang serta menjadi bekal di masa yang akan datang. Penanaman pendidikan sejarah juga harus melalui metode yang tepat, yakni peneliti menggunakan metode bercerita tentang pendidikan sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Data diambil menggunakan angket skala nasionalisme pada anak usia dini yang diisi oleh guru kelas. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di TK Handayani Brebes, sedangkan sampelnya sebanyak 22 anak di kelas B2 yang menjadi kelas eksperimen yang mana diberikan treatment oleh peneliti dengan menggunakan metode bercerita tentang pendidikan sejarah. Analisis validitas menggunakan product moment dimana instrument skala sikap nasionalisme dari 40 item terdapat 3 item gugur dan hasil dari reliabilitas dengan perhitungan cronbach‟s alpha diperoleh skor sebanyak 0,754 > 0,06 maka instrumen tersebut reliabel maka dapat digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian. Hasil dalam penelitian yang signifikan pada saat pre test yakni rata-rata nilai minimumnya adalah 91 dan rata-rata nilai maksimumnya adalah 84,68. Sedangkan setelah dilakukan treatment rata-rata nilai post test minimumnya adalah 99 dan rata-rata nilai maksimumya adalah 109,14. Uji normalitas dengan menggunakan taraf kepercayaan 0.05 % paired sample t-test hipotesis alternatifnya diterima. Dengan demikian terdapat peningkatan yang signifikan sikap nasionalisme anak usia dini setelah dilaksanakan penerapan metode bercerita tentang pendidikan sejarah untuk mengembangkan sikap nasionalisme anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Sejarah, Metode Bercerita, Nasionalisme, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 12:53
Last Modified: 30 Mar 2019 14:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30359

Actions (login required)

View Item View Item