FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2015


TRI WASTITI SUBEKTI , 7311413046 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu keputusan penting yang harus diambil oleh manajer perusahaan adalah keputusan struktur modal. Struktur modal merupakan perimbangan dari penggunaan hutang dengan modal sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2015. Sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Sampel yang digunakan adalah 28 perusahaan dengan periode penelitian tahun 2008-2015 pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sehingga data observasi sebanyak 224 data. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang didahului oleh pemilihan model data panel dan pengujian asumsi klasik. Hasil analisis data atau hasil regresi menunjukan bahwa secara simultan profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan secara parsial menunjukan bahwa hanya profitabilitas dan likuiditas yang berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa struktur modal dipengaruhi oleh profitabilitas dan likuiditas, sementara ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Saran yang diberikan dalam penelitian ini, perusahaan harus lebih memperhatikan nilai profitabilitas dengan meningkatkan penjualan perusahaan dan memperhatikan nilai likuiditas dengan meningkatkan asset perusahaan dalam penentuan struktur modal perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2019 12:10
Last Modified: 19 Jun 2019 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30358

Actions (login required)

View Item View Item