PENGUKURAN DAN PEMERINGKATAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH DENGAN PENDEKATAN MAQASHID SHARIA INDEX (Studi pada Perbankan Syariah di Indonesia, Malaysia dan Arab Saudi Periode 2011-2015)


Agustiya Nur Pratama, 7311413041 (2017) PENGUKURAN DAN PEMERINGKATAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH DENGAN PENDEKATAN MAQASHID SHARIA INDEX (Studi pada Perbankan Syariah di Indonesia, Malaysia dan Arab Saudi Periode 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413041.pdf]
Preview
PDF
Download (924kB) | Preview

Abstract

Salah satu bagian dari Ekonomi Islam yang berkembang paling pesat saat ini adalah perbankan syariah. Namun begitu, terdapat pandangan bahwa bankbank Islam telah menjurus ke arah sistem perbankan konvensional. Sehingga perlu usaha-usaha untuk mengembalikan perbankan Islam dengan berobjektifkan Syariah. Ukuran konvensional yang ada adalah gagal untuk mengukur kinerja bank-bank Islam. Maka dari itu muncul Maqashid Shariah Index untuk mengukur kinerja perbankan syariah sesuai dengan prinsipnya. Maqashid Shariah index berisi tujuan syariah dari operasional sebuah perbankan, yaitu Tahzib al Fard, Jalb al Maslahah dan Iqamah al Adl. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur dan memeringkatkan kinerja perbankan syariah di Indonesia, Malaysia dan Indonesia. Sampel dari penelitian ini adalah bank syariah di negara Indonesia, Malaysia dan Arab Saudi. Dari tiap negara yang yang djadikan sampel masing – masing diambil 5 bank syariah dari tiap negara. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Maqashid Shariah Index dengan metode Simple Additive Weighted. Hasil dari Penelitian ini adalah dari 15 bank yang dijadikan sampel, PaninBank Indonesia menduduki peringkat pertama kinerja berdasarkan Maqashid Shariah Index. Namun dari semua sampel perbankan syariah yang diambil, belum semuanya mencapai skor 0,5 atau semua sampel belum memenuhi tujuan secara syariah berdasarkan kinerja. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi pihak manajemen bank syariah agar memperbaiki kinerjanya agar sesuai syariah. Bagi investor dan masyarakat, penelitian ini dapat digunakan untuk referensi sebelum menabung/berinvestasi di bank syariah. Bagi penelitian selanjutnya, disarankan untuk lebih memperluas objek penelitian dan memperbesar ukuran sampel agar lebih bisa mengambil kesimpulan secara luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Maqashid Shariah Index, Perbankan Syariah, Kinerja Perbankan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 May 2019 18:16
Last Modified: 20 May 2019 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30355

Actions (login required)

View Item View Item