PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EFISIENSI MODAL KERJA DENGAN KINERJA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Sektor Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015)


Eka Supartiwi , 7311413040 (2017) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EFISIENSI MODAL KERJA DENGAN KINERJA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Sektor Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (636kB) | Preview

Abstract

Perusahaan didirikan dengan tujuan meningkatkan kinerja perusahaan dalam mengelola modal kerja yang efisien sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi pemilik maupun pemegang saham. Good Corporate Governance dan kinerja perusahaan merupakan upaya untuk pengelolaan efisiensi modal kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap efisiensi modal kerja dengan kinerja perusahaan sebagai variabel intervening pada sektor manufaktur. Populasi penelitian ini adalah sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode ini, diperoleh sampel sebanyak 125 perusahaan. Alat analisis untuk menguji hipotesis adalah path analysis dengan software Eviews 8. Metode analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, Analisis Jalur, dan Uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukan komite audit, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dengan efisiensi modal kerja. Hanya ukuran dewan komisaris yang dapat berpengaruh positif. Kinerja perusahaan berpengaruh positif dengan efisiensi modal kerja. Kinerja perusahaan hanya mampu memediasi ukuran dewan komisaris terhadap efsiensi modal kerja, dan variabel good corporate governance yang lain tidak mampu memediasi terhadap efisiensi modal kerja. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa komite audit, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial belum dapat dijadikan variabel mediasi. Saran dari penelitian ini adalah bagi perusahaan dapat menerapkan pengelolaan efisiensi modal kerja dan good corporate governance agar meningkatkan kinerja perusahaan untuk menarik investor, peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengganti mekanisme good corporate governance dan variabel intervening yang lain untuk diuji pengaruhnya dengan efisiensi modal kerja agar terbukti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Ukuran Dewan Komisaris, Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kinerja Perusahaan, Efisiensi Modal Kerja.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 May 2019 18:16
Last Modified: 20 May 2019 18:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30354

Actions (login required)

View Item View Item