ANALISIS PERBEDAAN AVERAGE ABNORMAL RETURN DAN AVERAGE TRADING VOLUME ACTIVITY SEBELUM DAN SETELAH PEMILIHAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT KE 45 TAHUN 2016 (Studi Kasus Terhadap Perusahaan Kelompok LQ45 di BEI dan Indeks China A50 di SSE)


Fina Ismawati , 7311413039 (2017) ANALISIS PERBEDAAN AVERAGE ABNORMAL RETURN DAN AVERAGE TRADING VOLUME ACTIVITY SEBELUM DAN SETELAH PEMILIHAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT KE 45 TAHUN 2016 (Studi Kasus Terhadap Perusahaan Kelompok LQ45 di BEI dan Indeks China A50 di SSE). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasar modal sebagai sebuah instrumen ekonomi tidak lepas dari pengaruh berbagai faktor, baik faktor ekonomi maupun non-ekonomi. Peristiwa-peristiwa politik seperti adanya pemilihan presiden (pilpres), pergantian pemerintahan, dan peristiwa lainnya dapat mempengaruhi harga dan volume perdagangan di bursa efek karena peristiwa-peristiwa politik berkaitan erat dengan kestabilan perekonomian negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Average Abnormal Return dan Trading Volume Activity secara signifikan sebelum dan setelah pemilihan presiden Amerika Serikat ke 45 tahun 2016. Objek dalam penelitian ini adalah saham-saham pada indeks LQ45 di BEI dan China A50 di SSE. Periode pengamatan dalam penelitian ini adalah 10 hari yaitu 5 hari sebelum peristiwa dan 5 hari setelah peristiwa pemilihan presiden Amerika Serikat ke 45 tahun 2016. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan Shanghai Stock Exchange, serta melakukan analisis menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Office Excel dan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan Average Abnormal Return sebelum dan setelah pemilihan presiden pada indeks saham LQ45, namun adanya perbedaan Average Abnormal Return sebelum dan setelah pemilihan presiden pada saham indeks China A50. Sedangkan Average Trading Volume Activity memiliki perbedaan sebelum dan setelah pemilihan presiden Amerika Serikat ke 45 tahun 2016 baik pada indeks saham LQ45 maupun China A50. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan bagi emiten dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam menentukan kebijakan perusahaan pada saat terjadinya peristiwa politik berskala internasional. Bagi investor disarankan untuk mencari informasi dan menganalisisnya sebagai dasar pengambilan keputusan dalam berinvestasi. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan indeks dari negara-negara lain yang lebih banyak, sehingga hasil komparasinya dapat digeneralisasikan untuk sebuah kesimpulan yang akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Average Abnormal Return, Average Trading Volume Activity, Efisiensi Pasar, Return Saham.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 May 2019 16:05
Last Modified: 20 May 2019 16:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30353

Actions (login required)

View Item View Item