PENGARUH DIMENSI BIG FIVE PERSONALITY TRAITS PADA PUBLIC SERVICE MOTIVATION MELALUI JOB INVOLVEMENT SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Aparatur Sipil Negara Kecamatan di Kabupaten Purbalingga)


Lita Laras Setianingsih , 7311413035 (2017) PENGARUH DIMENSI BIG FIVE PERSONALITY TRAITS PADA PUBLIC SERVICE MOTIVATION MELALUI JOB INVOLVEMENT SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Aparatur Sipil Negara Kecamatan di Kabupaten Purbalingga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Public Service Motivation merupakan salah satu jenis motivasi yang harus dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara yang membedakan pegawai di sektor publik dan pegawai di sektor non publik. Public Service Motivation yang dimiliki Aparatur Sipil Negara dapat dipengaruhi oleh dimensi big five personality traits dan job involvement dalam melayani kepentingan masyarakat yang berkaitan dengan pemerintahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran mediasi job involvement pada hubungan dimensi big five personality traits terhadap Public Service Motivation. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Aparatur Sipil Negara kecamatan di Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 276 Aparatur Sipil Negara. Metode pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotionate random sampling. Jumlah sampel sebanyak 163 seluruh Aparatur Sipil Negara kecamatan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji statistik t dan uji path analysis. Analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi big five personality traits berpengaruh signifikan pada job involvement dan Public Service Motivation. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa job involvement berpengaruh pada Public Service Motivation. Selanjutnya, penelitian ini menemukan pengaruh dimensi big five personality traits pada Public Service Motivation dapat dimediasi oleh job involvement. Simpulan dari penelitian ini yaitu dimensi big five personality traits yang dimiliki setiap Aparatur Sipil Negara kecamatan cenderung meningkatkan Public Service Motivation jika Aparatur Sipil Negara kecamatan di Kabupaten Purbalingga memiliki job involvement. Aparatur Sipil Negara kecamatan yang dapat mengoptimalkan sifat kepribadian ditempat kerja dapat dengan mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya. Hal tersebut dapat mendorong Aparatur Sipil Negara kecamatan untuk ikut terlibat dalam pekerjaan, sehingga Aparatur Sipil Negara kecamatan akan dapat meningkatkan motivasi dalam melayani kepentingan publik. Saran bagi Aparatur Sipil Negara yaitu agar dapat mengoptimalkan sifat kepribadian yang dimiliki sesuai dengan lingkungan kerja dan untuk pemimpin kecamatan agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang dapat membantu pengoptimalan sifat kepribadian dan job involvement.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Big Personality Traits, Job Involvement, Public Service Motivation.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 May 2019 16:05
Last Modified: 20 May 2019 16:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30352

Actions (login required)

View Item View Item