IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 PAUD (Studi deskriptif di PAUD Taman Belia Candi Kota Semarang Tahun 2016-2017)


Alinna Astriayulita , 1601412088 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 PAUD (Studi deskriptif di PAUD Taman Belia Candi Kota Semarang Tahun 2016-2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412088.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (792kB) | Preview

Abstract

Pemberian pendidikan lingkungan hidup dapat diberikan sesuai dengan kompetensi yang ada dalam kurikulum 2013 PAUD kompetensi inti nomor 3 dan 4 yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena saling berhubungan, berisi tentang pengetahuan dan ketrampilan yang dapat memberikan pendidikan lingkungan hidup. Anak memiliki ketrampilan serta pengetahuan berupa kecakapan dalam memecahkan berbagai masalah terutama masalah di lingkungan disekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif di PAUD Taman Belia Candi Kota Semarang. Pengambilan data dalam penelitian ini meliputi obesvasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan wawancara dengan kepala sekolah, ketua kurikulum, seluruh guru sentra dan peserta didik TK A PAUD Taman Belia Candi Kota Semarang. Pendidikan Lingkungan Hidup dapat dan 4. Pemberian pendidikan lingkungan hidup di PAUD Taman Belia Candi diberikan secara tidak langsung dan kegiatan pembiyasaan. Terdapat beberapa faktor yang mendukung dan menghambat pemberian pendidikan lingkungan hidup. Faktor pendukung diantaranya; perbaikan kurikulum yang dilakukan, pembiasaan hidup bersih dan sehat, penyediaan alat bantu kebersihan, terjalinnya komunikasi yang baik dengan orang tua, dan kunjungan-kunjungan keluar sekolah untuk penguatan pengetahuan. Faktor penghambat diantaranya; respon anak yang berubah-ubah dan kurangnya kerjasama guru dan orang tua untuk menyusun kurikulum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Lingkungan Hidup, Kurikulum 2013 PAUD, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 11:56
Last Modified: 04 Apr 2019 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30348

Actions (login required)

View Item View Item