PENGGUNAAN MEDIA WAYANG DARI SERABUT KELAPA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA JAWA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KABUPATEN PATI


Diajeng Hepy H P, 1601412049 (2017) PENGGUNAAN MEDIA WAYANG DARI SERABUT KELAPA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA JAWA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412049.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (402kB) | Preview

Abstract

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa ibu terbesar di dunia, keberlangsungannya dapat dipengaruhi oleh kemajuan budaya yang didukung oleh teknologi dan globalisasi. Kenyataannya penggunaan bahasa Jawa dalam kehidupan semakin berkurang dan semakin tergeser oleh bahasa Indonesia. Masyarakat Jawa, terutama generasi muda lebih banyak menggunakan bahasa pergaulan daripada bahasa Jawa. Penggunaan media wayang dari serabut kelapa merupakan media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Jawa pada anak usia 5-6 tahun.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media wayang dari serabut kelapa terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jawa pada anak usia 5-6 tahun di TK kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil perhitungan statistik menggunakan teknik Paired Sample t-Test dari hasil pretest dan posttest pada program SPSS 20.0 for windows. Nilai thitung = - 34,066 dengan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil posttest mengalami peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jawa yang lebih tinggi dibandingkan hasil pretest. Dari hasil uji hipotesis pada tabel 4.7 hasil mean pretest (83,03) menjadi mean posttest (111,63), sehingga terjadi peningkatan skor sebesar 28,6. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media wayang dari serabut kelapa dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jawa pada anak usia 5-6 tahun. Javanese Language is one of the largest mother tongue in the world, the progress can be influenced by cultural development supported by technology and globalization. In reality the use of Javanese language in daily life is decreasing and being replaced by Bahasa Indonesia. Javanese people, especially young generation mostly uses slang language than Javanese Language. The use of puppet which made from coconut fiber as a learning media was expected to be able to increase vocabulary mastery of Javanese Language for 5-6 years old students in Kindergarten School.The objective of this study was to know the use of puppet made from coconut fiber as a learning media to increase vocabulary mastery of Javanese Language for 5-6 years old students in Kindergarten School on Pati Regency. This study used experiment method with One Group Pretest-Posttest Design. The samples of this study were 30 students of 5-6 years old. The sample was taken with purposive sampling technique. The statistic results used Paired Sample t-Test technique from the result of pretest and posttest on SPSS program 20.0 for windows. T value = -34,066 with sig(2-tailed) value was 0,000 < 0,05. The result of this study showed the posttest outcome of vocabulary mastery had been increased higher than pretest outcome. Based on the result of hypothesis test on table 4.7 pretest mean (83,03) and posttest mean (111,63) the increasing score was 28,6. The conclusion of this study was the use of puppet which made from coconut fiber could increase vocabulary mastery of Javanese Language for 5-6 years old students in Kindergarten School.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Penguasaan Kosa Kata Bahasa Jawa, Media Wayang Dari Serabut Kelapa, Early Childhood, Vocabulary Mastery of Javanese Language, Puppet which made from coconut fiber
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 19 Mar 2018 11:20
Last Modified: 19 Mar 2018 11:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30345

Actions (login required)

View Item View Item