TINGKAT KEDISIPLINAN ORANGTUA DITINJAU DARI PERILAKU JAJAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI GARUNG, KECAMATAN GARUNG, KABUPATEN WONOSOBO


Dyah Lutfiana K, 1601412033 (2017) TINGKAT KEDISIPLINAN ORANGTUA DITINJAU DARI PERILAKU JAJAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI GARUNG, KECAMATAN GARUNG, KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (692kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan merupakan proses pengajaran, bimbingan dan dorongan yang dilakukan oleh orangtua kepada anak untuk membentuk perilaku yang baik mengenai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban yang berkaitan dengan perilaku anak. Disiplin yang ditanamkan pada anak mengenai jajan berasal dari pola hidup orangtua karena model perilaku untuk anak melalui pembiasaan dari orangtua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kedisiplinan orangtua ditinjau dari perilaku jajan anak usia 5-6 tahun (jarang jajan dan sering jajan) di TK Pertiwi Garung, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan orangtua ditinjau dari perilaku jajan anak usia 5-6 tahun (jarang jajan dan sering jajan), sedangkan hipotesis nol ( ) dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan orangtua ditinjau dari perilaku jajan anak usia 5-6 tahun (jarang jajan dan sering jajan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun atau TK B sejumlah 68. Sample penelitian berjumlah 44 orangtua dengan menggunakan purposive sample. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah uji t-test. Hasil analisis menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,585 < 2,018) dan nilai sig. < 0,05 (0,013 < 0,05), maka Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kedisiplinan orangtua yang ditijau dari perilaku jajan anak. Tingkat kedisiplinan orangtua pada anak yang jarang jajan 106,67%, sedangkan tingkat kedisiplinan orangtua pada anak yang sering jajan 102,00%. Jadi orangtua yang anaknya jarang jajan memiliki skor 4,67% lebih tinggi dari orangtua yang anaknya sering jajan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Orangtua, Perilaku Jajan Anak usia 5-6 tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 11:13
Last Modified: 05 Apr 2019 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30344

Actions (login required)

View Item View Item