ANALISIS KEBUTUHAN ANGKUTAN UMUM DALAM MENUNJANG KEGIATAN DI KAWASAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Rizky Fauziah , 3211412001 (2017) ANALISIS KEBUTUHAN ANGKUTAN UMUM DALAM MENUNJANG KEGIATAN DI KAWASAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211412001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (366kB) | Preview

Abstract

Jumlah kendaraan angkutan umum dari waktu ke waktu terus bertambah, tanpa adanya pembatasan jumlah armada yang beroperasi sehingga menyebabkan jumlah armada tidak seimbang dengan kebutuhan Seiring meningkatnya permintaan akan pelayanan transportasi dalam mendukung kegiatan masyarakat di kawasan UNNES Kota Semarang. Permintaan akan pelayanan transportasi di kawasan UNNES mencapai 33%, hal ini dapat diindikasikan dengan makin berkurangnya penggunaan angkutan umum karena pelayanannya yang dirasakan kurang memuaskan bagi para penumpang, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan menuju kampus Universitas Negeri Semarang berdasarkan Level of Service, menganalisis tingkat pelayanan angkutan umum berdasarkan Loading Factor, dan mengetahui jumlah armada angkutan umum yang dibutuhkan dengan jumlah permintaan penumpang yang dilayani. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Sekaran, Mahasiswa UNNES, dan Penumpang Angkutan Umum. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Sampling Insidental dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi persentase, Level Of Service, analisis tingkat pelayanan angkutan umum dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian yaitu pada lokasi penelitian menunjukan nilai Level of Service 1,97 yang termasuk pada kelas F. Berdasarkan hasil perhitungan bangkitan perjalanan 3.847 perjalanan sedangkan tarikan perjalanan sebesar 3.305 perjalanan. Pertambahan jumlah penuduk, mahasiswa dan dosen akan mempengaruhi jumlah perjalanan di kawasan UNNES. Dari hasil load angkutan umum di kawasan UNNES yaitu nilai load factor Trayek R.10.c dan trayek 55 pada jam sibuk yaitu 0,37 dan pada jam tidak sibuk mempunyai nilai load factor 0,25 untuk trayek R.10.c sedangkan trayek 55 yaitu 0,33. Nilai load factor lebih kecil dari 1, hal ini menunjukan bahwa kapasitas tempat duduk yang terpakai lebih kecil dari kapasitas yang tersedia. Kebutuhan angkutan umum untuk trayek R.10.c dalam perhitungan adalah 48 unit kendaraan sedangkan dilapangan 51 unit dan trayek 55 (hijau) kebutuhan angkutan umum adalah 55 unit kendaraan sedangkan dilapangan 52 unit yang beroperasi. Kesimpulan dari penelitian ini kebutuhan angkutan umum di kawasan UNNES untuk trayek R.10c yaitu 48 unit dan trayek 55 yaitu 55 unit dengan tingkat pelayanannya dikategorikan baik. Saran dari peneliti adalah perlu adanya perlebaran jalan dan angkutan pada jam sibuk sore hari ditambah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Angkutan Umum, Loading Factor, Trip Attraction, Trip Distribution
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Transportation
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2018 11:26
Last Modified: 15 Mar 2018 11:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30337

Actions (login required)

View Item View Item