PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ALAM (Studi Kasus pada SMP Alam Ar Ridho Semarang)
Dinda Trisna Paramita , 7101413218 (2017) PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ALAM (Studi Kasus pada SMP Alam Ar Ridho Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (596kB) | Preview |
Abstract
Kewirausahaan memiliki peran penting yaitu dapat menambah jumlah wirausaha, mengurangi pengangguran, meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sehingga perlu penyiapan sejak dini melalui pembelajaran kewirausahaan. Melalui pembelajaran kewirausahaan, peserta didik akan dibentuk untuk memikirkan masa depan, menuangkan ide dan kreatifitas dan memiliki jiwa wirausaha. Pembelajaran dilakukan menggunakan alam sebagai media karena dapat menumbuhkan potensi dan bakat yang terpendam pada peserta didik. Pembelajaran diterapkan pada jenjang SMP karena anak sudah mampu berpikir secara logis dan abstrak, mampu memecahkan masalah, mampu memunculkan ide baru dan berpikir tentang sesuatu yang mungkin terjadi. Fokus penelitian yaitu pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan berbasis alam di SMP Alam Ar Ridho. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan desain penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Alam Ar Ridho yang beralamatkan di Jalan Kelapa Sawit I Blok AA Bukit Kencana Jaya, Tembalang, Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, uraian rinci. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dilatarbelakangi oleh sikap meneladani Rasululloh SAW yang berdagang diusia 8 tahun. Pembelajaran melibatkan kepala sekolah, guru, peserta didik, steakholder dan masyarakat. Guru berperan sebagai pengajar, pembimbing, pemimpin, motivator, pendidik, dan fasilitator. Peserta didik berperan melakukan manajemen, membuat business plan, melaksanakan outing, diskusi, presentasi, produksi, selling, pembukuan, memanfaatkan alam. Strategi yang digunakan yaitu contextual teaching and learning dan spider web. Metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, demonstrasi, eksperimen, outing, project method, core value metode yang meliputi belajar bersama alam, multiple intellegences, scientific methode. Materi yang diajarkan terdiri dari 30% teori dan 70% praktik. Penanaman nilai-nilai kewirausahaan dilakukan dengan berbagai cara disesuaikan dengan karakteristik peserta didik Hasil pembelajaran menitikberatkan aspek afektif dan psikomotor dengan rata-rata capaian nilai A dan B. Saran yang diberikan yaitu sekolah dapat meningkatkan kerjasama dengan stakeholder, guru memberikan modul kepada peserta didik, peserta didik dapat melakukan kegiatan kewirausahaan diluar sekolah, sumber materi memadukan antara buku, internet, alam dan masyarakat, penilaian hasil pembelajaran dapat dilakukan menggunakan tes, pengamatan, portofolio. Entrepreneurship has an important role that can increase the number of entrepreneurs, reduce unemployment, increase national economic growth so that the need for early preparation through entrepreneurial learning. Through entrepreneurial learning, learners will be formed to think about the future, to pour ideas and creativity and to have an entrepreneurial spirit. Learning is done using nature as a medium because it can grow the potential and talent that buried in the learners. Learning is applied to the junior high school because the child is able to think logically and abstract, able to solve problems, able to generate new ideas and think about something that might happen. The focus of research is the implementation of natural-based entrepreneurial learning in SMP Alam Ar Ridho. The approach used is qualitative approach with descriptive method and case study research design. The research location at SMP Alam Ar Ridho addressed at Kelapa Sawit street I Blok AA Bukit Kencana Jaya, Tembalang, Semarang. Data collection techniques used observation, interviews and document studies. Test data validity using the constancy of the observations, triangulation, examination of the peer and detailed description. Data analysis technique is done through data reduction, presentation, and conclusion. The results showed that the implementation of entrepreneurial learning emulate the attitude of Rasululloh SAW who trades at the age of 8 years. Learning involves principals, teachers, learners, steakholder and community. Teachers act as teachers, mentors, leaders, motivators, educators, and facilitators. Learners play a role in management, making business plans, conducting outing, discussions, presentations, production, selling, bookkeeping, utilizing nature. The strategy used is contextual teaching and learning and spider web. The methods used are lectures, discussions, demonstrations, experiments, outing, project method, core value methods that include learning together nature, multiple intellegences, scientific method. The material taught consists of 30% theory and 70% practice. The cultivation of entrepreneurial values is done in various ways adapted to the characteristics of learners The learning outcomes emphasize the affective and psychomotor aspects with the average achievement of A and B. Suggestions given are the school can increase cooperation with stakeholders, teachers provide modules to learners, learners can do entrepreneurship activities outside school, the source material mix between books, internet, nature and society, assessment of learning outcomes can be done using tests, observations, portfolio .
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Kewirausahaan, Alam Learning, Entrepreneurship, Nature |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 14 Mar 2018 13:32 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 13:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30320 |
Actions (login required)
View Item |