PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENJAGA KUALITAS LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DI KELURAHAN KUDAILE KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL


Novera Nur Asriyati , 3201413118 (2017) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENJAGA KUALITAS LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DI KELURAHAN KUDAILE KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (213kB) | Preview

Abstract

Lingkungan permukiman yang sehat merupakan salah satu indikator dalam menilai atau mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dibidang ekonomi dan sosial. Menciptakan lingkungan permukiman yang sehat dibutuhkan peran masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kondisi sosial ekonomi penduduk di Kelurahan Kudaile Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal, (2) Mengetahui partisipasi masyarakat dalam menjaga kualitas lingkungan tempat tinggal di Kelurahan Kudaile Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal, (3) Menganalisis bagaimana pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap partisipasi masyarakat dalam menjaga kualitas lingkungan tempat tinggal di Kelurahan Kudaile Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Kelurahan Kudaile Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.130 KK. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin, maka diperoleh sebesar 96 responden yang dipilih dengan menggunakan metode proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Variabel yang dikaji ini antara lain, variabel bebas yaitu kondisi sosial ekonomi dan variabel terikat yaitu partisipasi masyarakat. Teknik analisis datanya yaitu teknik analisis deskriptif persentase dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan kondisi sosial ekonomi di Kelurahan Kudaile dilihat dari tingkat pendidikan terbanyak adalah tingkat SMA yaitu 43,75%, pendapatan termasuk dalam kriteria rendah yaitu 51,2%, pengeluaran termasuk dalam kriteria tinggi yaitu 72,6% dan pemilikan kekayaan juga termasuk dalam kriteria tinggi yaitu 70,3%. Partisipasi masyarakat Kelurahan Kudaile tergolong rendah yaitu 54,9%. Ada pengaruh antara kondisi sosial ekonomi terhadap partisipasi masyarakat dalam menjaga kualitas lingkungan tempat tinggal sebesar 52,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Masing-masing variabel bebas memberikan pengaruh yang berbeda-beda. Besarnya pengaruh pendidikan terhadap partisipasi masyarakat sebesar 4,5%, pendapatan berpengaruh sebesar 7,2%, pengeluaran berpengaruh paling tinggi yaitu sebesar 36,2%. Sedangkan pemilikan kekayaan tidak berpengaruh secara signifikan karena pengaruhnya hanya sebesar 1,1%. Saran, perlu adanya penyuluhan atau sosialisasi tentang pentingnya menjaga kualitas lingkungan tempat tinggal oleh petugas yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut dan masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan tempat tinggal untuk mewujudkan lingkungan yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi, Partisipasi Masyarakat, Kualitas Lingkungan Tempat Tinggal.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > environmental Impact
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 12:44
Last Modified: 14 Mar 2018 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30319

Actions (login required)

View Item View Item