PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS X DI SMA NEGERI 10 SEMARANG
Aini Nur Khoirurrizqi Rochmah , 3201413116 (2017) PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS X DI SMA NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (409kB) | Preview |
Abstract
Media audio visual membantu guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui aktivitas siswa kelas X dalam penerapan pembelajaran mitigasi bencana melalui media audio visual, (2) menganalisis hasil belajar siswa kelas X dalam pembelajaran mitigasi bencana melalui media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah classical experimental design. Populasi penelitian yaitu kelas X IPS yang berjumlah 4 kelas di SMA Negeri 10 Semarang, dan sampel penelitian berjumlah dua kelas yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Variabel penelitian adalah aktivitas belajar dan hasil belajar. Variabel aktivitas belajar termasuk jenis variabel kontinum dan memiliki sifat variabel dinamis dan variabel hasil belajar termasuk jenis variabel diskrit dan memiliki sifat variabel statis. Analisis data menggunakan descriptif persentase untuk variabel aktivitas belajar dan statistik inferensial untuk variabel hasil belajar karena terdapat uji persyaratan meliputi uji nilai t-test, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini yaitu; (1) aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran geografi pada materi mitigasi bencana kelas X termasuk kategori cukup baik dengan rerata persentase kelas kontrol sebanyak 40,88% dan kelas eksperimen sebanyak 47,82%, (2) pada taraf kesalahan 5%, nilai t hitung adalah 13,46 sedangkan nilai t tabel adalah 0,678. Nilai (t hitung > t tabel) menunjukkan adanya perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada hasil belajar post-test siswa. Sehingga pembelajaran geografi menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mitigasi bencana. Simpulan dalam penelitian ini aktivitas belajar siswa tergolong cukup baik dan hasil belajar siswa termasuk tergolong baik. Saran yang diajukan adalah media audio visual sebagai salah satu cara alternatif yang digunakan guru untuk menunjang proses pembelajaran berbasis media pendidikan sebagai upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Mitigasi Bencana, Media Audio visual |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Disaster Mitigation L Education > Special Education > Geography Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 14 Mar 2018 12:38 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 12:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30318 |
Actions (login required)
View Item |