KOMPARASI HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR MATERI DINAMIKA HIDROSFER ANTARA PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DI KELAS X MA NU ALHIDAYAH KUDUS


Endang Muallimah , 3201413103 (2017) KOMPARASI HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR MATERI DINAMIKA HIDROSFER ANTARA PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DI KELAS X MA NU ALHIDAYAH KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413103.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (453kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar proses, pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan diantaranya adalah problem based learning. Tujuan peneltian ini yaitu untuk menguji hipotesis penelitian bahwa hasil belajar siswa ranah kognitif materi dinamika hidrosfer dengan metode pembelajaran problem based learning lebih baik daripada hasil belajar siswa ranah kognitif dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah bervariasi, untuk mengetahui, menganalisis dan membandingkan hasil belajar afektif dan aktivitas belajar siswa antara penggunaan metode pembelajaran problem based learning dengan metode ceramah bervariasi. Penelitian ini menggunakan rancangan post-test quasi experimental design. Tehnik analisis data menggunakan uji t-test independent untuk uji hipotesis dan deskrptif persentase untuk menganalisis dan mendeskripsikankan data hasil belajar afektif dan aktivitas belajar. Hasil uji hipotesis, diperoleh thitung (5,72) > ttabel (1,996) yang berarti Ha diterima. Berdasarkan analisis hasil belajar afektif dengan menggunakan deskripstif persentase, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar afektif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar afektif siswa kelas kontrol. Berdasarkan analisis aktivitas belajar dengan menggunakan deskripstif persentase, diperoleh kesimpulan bahwa akivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih aktif daripada akivitas belajar siswa kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Ceramah Bervariasi; Hasil Belajar; Problem Based Learning,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 11:37
Last Modified: 14 Mar 2018 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30307

Actions (login required)

View Item View Item