PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP SIKAP PENDUDUK MELALUI PEMBERDAYAAN DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ABRASI PANTAI DI DESA TANGGULTLARE KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA


MUHAMAD TRI WIBOWO , 3201413102 (2017) PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP SIKAP PENDUDUK MELALUI PEMBERDAYAAN DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ABRASI PANTAI DI DESA TANGGULTLARE KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413102.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (343kB) | Preview

Abstract

Pemerintah maupun swasta perlu berkolaborasi dalam pemberdayaan penduduk yang terdampak abrasi guna meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam penanggulangan bencana abrasi. Melihat hal ini penulis ingin melihat bagaimana pengaruh pengetahuan terhadap sikap penduduk terdampak dalam penanggulangan bencana abrasi pantai. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui tingkat pengetahuan penduduk terdampak dalam penanggulangan bencana abrasi pantai di Desa Tanggultlare, 2) Mengetahui sikap penduduk terdampak dalam penanggulangan bencana abrasi pantai di Desa Tanggultlare, 3) Mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap sikap penduduk terdampak dalam penanggulangan bencana abrasi pantai di Desa Tanggultlare. Lokasi penelitian di lakukan di Desa Tanggultlare Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk desa dengan sampel 55 jiwa. Variabel dalam penelitian ini meliputi pengetahuan penduduk dalam penanggulangan abrasi (X) dan sikap penduduk dalam penanggulangan abras (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) Dokumentasi, 2) Wawancara, 3) Angket, 4) Tes. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif persentase untuk mendeskripsikan semua variabel, analisis regresi liniear untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel (X) terhadaop variabel (Y) dengan menggunakan uji hipotesis uji t dan R2. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat pengetahuan penduduk dalam penanggulangan abrasi terbanyak pada kriteria pengetahuan tinggi yakni 49,09%. Sikap penduduk dalam penanggulangan abrasi di Desa Tanggultlare berada pada kriteria sangat baik yakni 40,00%. Hasil uji hipotesis dengan uji t dan uji koefisien determinasi, maka ada pengaruh antara pengetahuan terhadap sikap penduduk dalam penanggualangan abrasi. Besarnya pengaruh keduanya dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi yaitu sebesar 0,345, yang artinya bahwa pengaruh pengetahuan terhadap sikap penduduk dalam penanggulangan abrasi pantai adalah sebesar 34,5% sedangkan 65,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap dan Penanggulangan Abrasi.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Disaster Alert
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 11:12
Last Modified: 14 Mar 2018 11:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30306

Actions (login required)

View Item View Item