PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI PADA MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 1 TAHUNAN KABUPATEN JEPARA


ANIK INAWATI , 3201413100 (2017) PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI PADA MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 1 TAHUNAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413100.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (704kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di sekolah sering menggunakan metode konvensional yang kurang mengintegrasikan pemanfaatan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) Pemanfaatan media animasi pada model pembelajaran snowball throwing mata pelajaran geografi kelas X di SMAN 1 Tahunan Kabupaten Jepara, (2) Hasil belajar peserta didik melalui pemanfaatan media animasi pada model pembelajaran snowball throwing mata pelajaran geografi kelas X di SMAN 1 Tahunan Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah true–experimental research. Populasi dalam penelitian adalah kelas X IPS di SMAN 1 Tahunan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 36 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji ‹g› (gain). Hasil penelitian ini adalah, (1) pemanfaatan media animasi dalam model pembelajaran snowball throwing lebih efektif dalam pelaksanaan pembelajaran dibanding media powerpoint dan model ceramah, hal ini dibuktikan dengan uji peningkatan hasil belajar (uji gain), kelas eksperimen sebesar 18% dan kelas kontrol sebesar 6%, (2) hasil belajar peserta didik yang menggunakan media animasi nilai rata-rata pretest sebesar 65% meningkat menjadi 84% setelah menggunakan media animasi. Saran dalam penelitian ini adalah dengan media animasi dan model pembelajaran snowball throwing diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media dan model dalam pembelajaran geografi supaya proses pembelajaran lebih menyenangkan, meningkatkan ketrampilan guru, meningkatkan aktivitas belajar, dan hasil belajar peserta didik, dan direkomendasikan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut, yaitu tahap diseminasi dan implementasi dengan sampel yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Animasi , Snowball Throwing
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 11:03
Last Modified: 14 Mar 2018 11:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30304

Actions (login required)

View Item View Item