NILAI KEWIRAUSAHAAN MANDIRI, KREATIF DAN KERJA KERAS MELALUI PEMBELAJARAN DI SENTRA COOKING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HJ. ISRIATI BAITURAHMAN 2 SEMARANG

Puspa Fitri Antikasari , 1601411052 (2017) NILAI KEWIRAUSAHAAN MANDIRI, KREATIF DAN KERJA KERAS MELALUI PEMBELAJARAN DI SENTRA COOKING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HJ. ISRIATI BAITURAHMAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kewirausahaan pada hakikatnya dapat ditanamkan pada anak sedini mungkin. Selain itu pemahaman anak mengenai kewirausahaan akan lebih berfungsi jika dikembangkan seksama melalui kegiatan pembelajaran di TK. Di dalam kewirausahaan anak dikenalkan untuk menjadi kreatif. Tujuannya agar anak dapat mengeksplor semua potensi yang masih tersimpan di dalam diri mereka. Menumbuhkan sifat kewirausahaan pada anak memerlukan latihan yang bertahap namun bukan merupakan sesuatu yang rumit. Menumbukan sifat kewirausahaan pada anak bisa dimulai dari bentuk sederhana yang merupakan bagian dari keseharian anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pegaruh nilai kewirausahaan mandiri, kreatif dan kerja keras melalui pembelajaran di sentra cooking. Serta untuk mengetahui adakah peningkatan nilai kewirausahaan mandiri, kreatif dan kerja keras melalui pembelajaran di sentra cooking. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design.Pre-eksperimental design. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan Skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di TK Hj. Isriati Baiturahman 2 Semarang pada kelompok TK B3 yang berjumlah 30 anak. Uji Hipotesis diperoleh bahwa berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh data uji t-test melalui uji perbedaan Paired Sample t-Test pada program SPSS nilai t adalah -41,604 nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,00. Hipotesis diterima jika nilai signifikasi < α yaitu 0,05. Pada perhitungan penelitian ini diperoleh nilai signifikasi < α yaitu 0,00 < 0,05 sehingga Ha diterima. Hal tersebut berarti penerapan pembelajaran di sentra cooking dapat meningkatkan nilai kewirausahaan mandiri, kreatif dan kerja keras pada anak usia 5-6 tahun di TK Hj. Isriati Baiturahman 2 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai kewirausahaan, Sentra Cooking, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 13 Mar 2018 10:04
Last Modified: 13 Mar 2018 10:04

Actions (login required)

View Item