DATA KEPENDUDUKAN DESA SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING BAGI SISWA KELAS XI IPS MA ALHIDAYAH 1 PURWAREJA KLAMPOK, BANJARNEGARA TAHUN 2017


Diyah Wahyuningsih , 3201413081 (2017) DATA KEPENDUDUKAN DESA SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING BAGI SISWA KELAS XI IPS MA ALHIDAYAH 1 PURWAREJA KLAMPOK, BANJARNEGARA TAHUN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (552kB) | Preview

Abstract

Ade Mulyadi sebagai kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Kabupaten Sukabumi, mengatakan bahwa pembelajaran kependudukan masih berbasis tekstual. Seharusnya pendidikan kependudukan aplikatif dan bisa dilakukan langsung oleh peserta didik(http://duaanak.com/ diunduh pada tanggal 30 Januari 2017). Pada kenyataannya pembelajaran Geogarfi materi dinamika kependudukan belum memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan. Diana (2014:39) dalam Kresnawati dan Hardati (2016:6) mengatakan bahwa data kependudukan dapat digunakan sebagai sumber belajar materi dinamika kependudukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran dan mengatahui hasil belajar siswa. Variabel dari penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam pembelajaran dan juga hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Hidayah 1 Purwareja Klampok dengan sampel sejumlah 33 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling karena populasi yang ada hanya satu kelas. Hasil data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif persentase untuk variabel aktivitas siswa dan uji n-Gain untuk variabel hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan aktivitas siswa masuk kedalam kriteria sedang dengan persentase 62,63 %. Menurut tahapan outdoor learning aktivitas siswa yang paling tinggi yaitu pada tahap persiapan dengan kriteria sedang, Berdasarkan jenis aktivitas belajar hasil penelitan menunjukan bahwa aktivitas yang paling rendah adalah aktivitas berbicara dan yang paling tinggi adalah aktivitas mengamati. Hasil belajar yang diperoleh siswa menunjukkan nilai n-Gain termasuk kedalam kriteria n-Gain rendah. Faktor yang mempengaruhi rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa antara lain (1) ada kesan main-main dari siswa pada saat kegiatan pelaksanaan outdoor learning, (2) kurangnya kepercayaan diri siswa dalam kegiatan berbicara dan (3) sarana dan prasarana yang kurang mendukung saat pembelajaran berlangsung. Saran adalah saat menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar dan metode outdoor learning guru harus merencanakan dengan matang agar kesan main-main dari siswa dapat diminimalisir sehingga aktivitas siswa dapat maksimal. Guru juga seharusnya dapat menuntun siswa dalam menarik kesimpulan setelah pembelajaran outdoor learning sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa dapat menunjukan peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Data Kependudukan, Metode Outdoor Learning, Sumber Belajar, Sumberdata Kependudukan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 13:55
Last Modified: 13 Mar 2018 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30300

Actions (login required)

View Item View Item