PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PARTISIPASI PENDUDUK DALAM PEMANFAATAN PROGRAM REHABILITASI MANGROVE DI KAMPUNG NELAYAN TAMBAK REJO KOTA SEMARANG


Hemi Wulan Martatiwi , 3201413077 (2017) PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PARTISIPASI PENDUDUK DALAM PEMANFAATAN PROGRAM REHABILITASI MANGROVE DI KAMPUNG NELAYAN TAMBAK REJO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (471kB) | Preview

Abstract

Pengetahuan merupakan salah satu faktor yang memiliki peran penting untuk membentuk sikap penduduk dalam merehabilitasi mangrove. Mangrove memiliki fungsi yang sangat vital baik bagi pesisir/daratan maupun lautan. Namun, kurangnya pengetahuan dan sikap penduduk menjadi kendala dalam rehabilitasi mangrove. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) Pengetahuan dan sikap penduduk dengan adanya Program Rehabilitasi Mangrove, (2) Partisipasi penduduk terhadap Program Rehabilitasi Mangrove, (3) Menganalisis pengaruh sikap dan pengetahuan terhadap partisipasi penduduk dalam pemanfaatan Program Rehabilitasi Mangrove di Kampung Nelayan Tambak Rejo Kota Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk RW XVI yang berjumlah 1.269 jiwa. Sampel yang digunakan yaitu menggunakan rumus Slovin dengan persen kelonggaran sebesar 10%, maka diperoleh sebesar 93 responden dan didalamnya termasuk anggota dari Kelompok Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah dua variabel bebas yaitu pengetahuan (X1), sikap (X2), dan variabel terikat yaitu partisipasi penduduk (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode regresi ganda dan deskriptif presentatif. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan penduduk dengan adanya Program Rehabilitasi Mangrove di Kampung Nelayan Tambak Rejo Kota Semarang termasuk dalam kategori baik, sedangkan untuk sikap penduduk dalam pemanfaatan program rehabilitasi mangrove di daerah tersebut cukup. Selain itu, partisipasi penduduk dengan adanya Program Rehabilitasi Mangrove di Kampung Nelayan Tambak Rejo Kota Semarang cukup tetapi dalam hal ini didukung dengan adanya partisipasi dari anggota kelompok Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun yang tinggi sehingga menjadikan lingkungan Tambak Rejo menjadi lebih baik dengan adanya program tersebut. Ada pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap partisipasi penduduk dengan adanya Program Rehabilitasi Mangrove di Kampung Nelayan Tambak Rejo Kota Semarang yakni sebesar 43,3% dan sisanya dipengaruhi oleh varibel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Oleh karena itu, perlunya pihak yang terkait dalam Program Rehabilitasi Mangrove untuk memberikan penyuluhan secara rutin kepada penduduk sekitar pesisir terkait bagaiamana cara merehabilitasi mangrove dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Partisipasi Penduduk, Rehabilitasi Mangrove.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 13:48
Last Modified: 13 Mar 2018 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30299

Actions (login required)

View Item View Item