PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA INTERAKTIF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA KELOMPOK B di BA AISYIYAH SERAYULARANGAN KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA


Triwulan Dinasti N U , 1601411042 (2017) PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA INTERAKTIF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA KELOMPOK B di BA AISYIYAH SERAYULARANGAN KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601411042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (596kB) | Preview

Abstract

Secara alamiah, perkembangan anak berbeda-beda, baik intelegensi, bakat, minat, kreativitas, kematangan emosi, kepribadian, kemandirian, jasmani dan sosialnya. Perkembangan sosial anak sangat tergantung pada individu anak, peran orang tua atau orang dewasa, lingkungan masyarakat dan termasuk Taman Kanakkanak. Interaksi sosial merupakan bagian dari perkembangan sosial anak yang dimulai smenjak balita kemudian menjadi dewasa. Kenyataan di lembaga TK khususnya BA Aisyiyah Serayularangan pada kelompok B menunjukkan bahwa sebagian besar anak yang belum mampu berinteraksi sosial secara maksimal karena kemampuan guru dalam mengemas pembelajaran masih belum optimal. Penggunaan media panggung boneka interaktif merupakan salah satu media yang dapat mengembangkan kemampuan interaksi sosial dan memungkinkan anak untuk lebih banyak berinteraksi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan media panggung boneka interaktif efektif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak kelompok B di BA Aisyiyah Serayularangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan interaksi sosial anak kelompok B melalui penggunaan media panggung boneka interkatif di BA Aisyiyah Serayularangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimental design tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak yang berada di BA Aisyiyah Serayularangan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga sejumlah 30 anak. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B BA Aisyiyah Serayularangan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalinggan yang berjumlah 30 anak dan usia anak 5 sampai 6 tahun. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan statistik, didapatkan nilai mean sebesar 93.83 untuk kelompok eksperimen. Perhitungan Independent Sample t- Test diperoleh t hitung = -16.204 dengan sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 yang menjelaskan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan media panggung boneka interaktif dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak kelompok B di BA Aisyiyah Serayularangan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Interaksi Sosial, Media Panggung Boneka Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 13:52
Last Modified: 04 Apr 2019 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30298

Actions (login required)

View Item View Item