EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS MAN 2 SEMARANG


Firda Aviyanti , 3201413076 (2017) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS MAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413076.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (276kB) | Preview

Abstract

MAN 2 Semarang telah menerapkan kurikulum 2013 untuk kelas X, XI, XII. Salah satu media pembelajaran yang digunakan guru dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik adalah dengan menggunakan media internet. Penggunaan media belajar internet tersebut dilakukan guru dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang saat ini berkembang dengan pesat. Salah satunya dengan sarana teknologi seperti komuter, wifi, dan hand phone sebagai suatu alat bantu dalam pembelajaran untuk mencari data atau materi yang ajarkan. Dilihat dari sarana prasarana yang terdapat pada MAN 2 Semarang, dirasakan sudah cukup memadai karena di MAN 2 Semarang Untuk setiap kelasnya dapat menggunakan alat-alat untuk menunjang penggunaan media pembelajaran menggunakan internet. Kelengkapan alat-alat penunjang proses belajar mengajar tersebut telah ada di MAN 2 Semarang sejak tahun 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran geografi kelas X IPS MAN 2 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN 2 Semarang yang berjumlah 116 terbagi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Kelas X IPS 1 MAN 2 Semarang terpilih sebagai kelas dalam penelitain ini. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan media efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran geografi, kemudian menunjukkan aktivitas belajar siswa masuk dalam kriteria sangat efektif. Informasi dari aktivitas pmbelajaran menggunakan media diperoleh bahwa 22 siswa (61,11%) mempunyai kriteria yang sangat efektif dan 14 siswa (38,89%) mempunyai kriteria yang efektif. Dan tidak ada siswa yang masuk dalam kriteria kurang efektif maupun kriteria tidak efektif. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai skor rata-rata adalah sebesar 19,52 dan dengan kriteria yang ada maka secara umum aktivitas siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran pada mata pelajaran geografi tergolong dalam kriteria sangat efektif. Saran dalam penelitian ini adalah siswa sebaiknya melakukan latihan menulis sebuah rangkuman saat pembelajaran atau membudayakan kegitan menulis contohnya dalam menjabarkan isi informasi yang terdapat didalam media pembelajaran kedalam bentuk tulisan secara detail sehingga siswa dapat dengan benar dan menulis secara lengkap terkait unsur-unsur atau komponen yang ada dalam media pembelajaran seputar materi yang ajarkan dan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan dalam menganalisis informasi dengan baik dalam bentuk tulisan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas , Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 13:45
Last Modified: 13 Mar 2018 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30297

Actions (login required)

View Item View Item