PENGARUH METODE SENAM IRAMA TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB FATIMATUZ ZAHRA DESA PESAYANGAN KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


MARETA DWI F, 1601411030 (2017) PENGARUH METODE SENAM IRAMA TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB FATIMATUZ ZAHRA DESA PESAYANGAN KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601411030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan keseimbangan tubuh, koordinasi anggota tubuh, kelenturan anggota tubuh dan kekuatan anggota tubuh dipengaruhi oleh kemampuan motorik kasar yang dimiliki anak. Pada anak yang duduk di kelas As-Salam di KB Fatimatuz Zahra memiliki kemampuan motorik kasar yang kurang baik sehingga megalami hambatan pada keseimbangan tubuh, koordinasi anggota tubuh, kelenturan anggota tubuh dan kekuatan anggota tubuh. Diperlukan metode pembelajaran yang menarik untuk anak yang dapat menarik minat anak untuk melatih kemampuan keseimbanan tubuh mereka. Senam irama merupakan metode yang menarik untuk anak karena dengan melakukan gerakan- gerakan senam yang diringi musik anak terlatih motorik kasar yang didalamnya terdapat gerakan untuk melatih keseimbangan tubuh, koordinasi anggota tubuh, kelenturan anggota tubuh dan kekuatan anggota tubuh mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam iram terhadap keseimbangan tubuh, koordinasi anggota tubuh, kelenturan anggota tubuh dan kekuatan anggota tubuh anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Pre Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di KB Fatimatuz Zahra. Sample penelitian berjumlah 30 anak di KB Fatimatuz Zahra. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Variable X adalah Metode Senam Irama, dan variabel Y adalah Perkembangan Motoriik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Hasil Penelitian menunjukan bahwa perhitungan uji-t Paired antara pretest dan posttest kelompok experimen yaitu thitung = -12,763 < -2,042, dengan nilai sig( 2-tailed)(0,000<0,05). Sehingga Ha diterima. Sehingga dari nilai analisis tersebut dan rata- rata data pretest dengan data posttest motorik kasar anak adalah 13,06 dan 25,46 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri anak sebelum dan sesudah dilakukan treatment dengan senam irama yang melatih keseimbangan tubuh, kekuatan tubuh, kelenturan dan koordinasi gerakan tubuh. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa terjadi perkembangan motorik kasar anak. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan perkembangan motorik kasar anak melalui metode senam irama di KB Fatimatuz Zahra Desa Pesayangan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Senam Irama, Motorik Kasar, Keseimbangan, Koordinsi, Kelenturan, Kekuatan, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 13:45
Last Modified: 02 Apr 2019 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30296

Actions (login required)

View Item View Item