TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP PERUSAKAN LINGKUNGAN DI KAWASAN CAGAR ALAM GEOLOGI KARANGSAMBUNG DAN TINGKAT PARTISIPASI DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN


Maela Prahasti , 3201413075 (2017) TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP PERUSAKAN LINGKUNGAN DI KAWASAN CAGAR ALAM GEOLOGI KARANGSAMBUNG DAN TINGKAT PARTISIPASI DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusakan lingkungan di Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung semakin marak terjadi, hal ini menimbulkan berbagai tanggapan dari masyarakat sekitar. Perusakan lingkungan di wilayah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor ekonomi, politik, sosial, budaya dan bahkan pandangan hidup. Perusakan lingkungan ini juga mengakibatkan berbagai dampak negatif, sehingga perlu adanya upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh berbagai pihak terkait. Pelestarian lingkungan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah maupun lembaga terkait, akan tetapi juga perlu adanya partisipasi dari masyarakat sekitar. Tingkat partisipasi ini dapat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan masyarakat. Tujuan penelitian ini 1) mengetahui faktor-faktor penyebab perusakan lingkungan di Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung, 2) mengetahui tanggapan masyarakat terhadap perusakan lingkungan di Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung, dan 3) mengetahui tingkat partisipasi masyarakat terhadap pelestarian lingkungan di Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung. Obyek penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen berdasarkan tingkat pendidikan, dengan jumlah responden sebanyak 99 responden, terdiri dari Tidak/Belum Tamat SD, SD, SLTP, SLTA, dan Akademik/Diploma/Sarjana. Metode pengumpulan data dalam ppenelitian ini terdiri dari metode wawancara, dokumentasi, dan kuesioner (angket). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat tidak setuju dengan adanya perusakan lingkungan di Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung. Hal ini disebabkan karena perusakan tersebut telah mengakibatkan berbagai dampak negatif yaitu erosi, jalan rusak, penurunan permukaan tanah, gerakan massa batuan, berkurangnya jumlah batuan dan sebagainya. Perusakan lingkungan ini disebabkan oleh faktor ekonomi dimana masyarakat membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena tidak memiliki pekerjaan lain maka mereka terpaksa mengambil pasir dan batuan yang terdapat di cagar alam tersebut. Sedangkan untuk tingkat partisipasi masyarakat termasuk dalam kategori sedang (46,57%), hal ini dapat dilihat dari partisipasi masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan antara lain mengikuti kegiatan sosialisasi, rehabilitasi lahan yang rusak, melaporkan pihak yang melakukan perusakan, mendukung wisata minat khusus (pendidikan) di cagar alam tersebut, dan sebagainya. Saran, masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungannya. Pemerintah lebih memperhatikan kembali kerusakan lingkungan yang terjadi dan dampaknya terhadap lingkungan, serta perlu adanya penindakan hukum yang tegas terhadap pelaku perusakan lingkungan di cagar alam tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan, Perusakan Lingkungan, Tingkat Partisipasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 12:36
Last Modified: 13 Mar 2018 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30288

Actions (login required)

View Item View Item