STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA KELAS Xl DI SMAN 16 SEMARANG TAHUN 2017


RAGA JATI KUSUMO , 3201413061 (2017) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA KELAS Xl DI SMAN 16 SEMARANG TAHUN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (543kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal.Faktor yang dibahas dalam penelitian ini masalah faktor eksternal yaitu model pembelajaran.Model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dan model pembelajaran Portofolio. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar Geografi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dengan model pembelajaran Portofolio materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan pada siswa kelas XI IPS SMA N 16 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW lebih baik dibandigkan dengan model pembelajaran Portofolio, dan untuk mengetahui ada perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dengan model pembelajaran Portofolio pada siswa kelas XI IPS SMA N 16 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 16 Semarang yang berjumlah 50 siswa.populasi tersebut seluruhnya akan digunakan sebagai responden, hal ini disebabkan karena populasi kurang dari 100. Sampel tersebut dibagi 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas model pembelajaran jigsaw dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas model pembelajaran portofolio. Pada kelas IPS 1 diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sedangkan pada kelas IPS 2 diterapkan model pembelajaran Portofolio. Metode pengumpulan data dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan penelitian yang saya lakukan, untuk merngetahui apakah penerapan model pemebelajaraan kooperatif jigsaw lebih baik dibandingkan model pembelajaran portofolio, dan untuk mengetahui hasil perbedaan hasil belajar siswa.pada hasil perhitungan uji t dari thitung = 2,014 sedangkan ttabel yaitu t(0,05:48) = 1.67 . karena thitung > ttabel yaitu 2,014 > 1,67, maka ada perbedaan yang signifikan dari kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar Geografi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran Portofolio pada pokok bahasan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan siswa kelas XI IPS SMA N 16 Semarang. Maka dengan ini model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Portofolio dan hasil belajar model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar model pembelajaran Portofolio pada pokok bahasan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.Saran penulis bahwa.Guru perlu menambah wawasan dan pengetahuan tetantang model pembelajaran yang inovatif sehingga proses pembelajaran Geografi akan lebih aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw,Portofolio,Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 12:29
Last Modified: 13 Mar 2018 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30287

Actions (login required)

View Item View Item