PEMANFAATAN LABORATORIUM ALAM GEOLOGI KARANGSAMBUNG DALAM KEGIATAN OUTDOOR STUDY MATERI POKOK LITOSFER KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGSAMBUNG TAHUN AJARAN 2016/2017


Putri Inmas Pratiwi , 3201413057 (2017) PEMANFAATAN LABORATORIUM ALAM GEOLOGI KARANGSAMBUNG DALAM KEGIATAN OUTDOOR STUDY MATERI POKOK LITOSFER KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGSAMBUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (429kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran langsung di lapangan merupakan pembelajaran yang baik dilakukan karena dapat melihat objek langsung. Media pembelajaran yang belum dapat menjelaskan materi yang diberikan dikelas secara detail membuat siswa kurang memahami materi tersebut dan pembelajaran yang masih dilakukan dikelas membuat siswa masih merasa bosan dan jenuh. Pemanfaatan Laboratorium Alam Karangsambung dalam kegiatan outdoor study materi pokok Litosfer dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif dalam pembelajaran Geografi karena di objek Karangsambung merupakan lokasi yang memiliki kondisi geologi lengkap. Siswa dapat menghubungakan materi Litosfer dan objek Karangsambung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan laboratorium alam geologi Karangsambung dalam kegiatan outdoor study materi pokok Litosfer Kelas X SMA Negeri 1 Karangsambung Tahun Ajaran 2016/2017 dan mengetahui hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dengan memanfaatkan Laboratorium Alam Geologi Karangsambung dalam kegiatan outdoor study materi pokok Litosfer Kelas X SMA Negeri 1 Karangsambung Tahun Ajaran 2016/2017 . Desain penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Karangsambung dengan sampel kelas X1 dan X3. Motode pengumpulan data berupa: metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif persentate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 83,9% sehingga masuk dalam kriteria sangat baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran mencapai 90,2% sehingga masuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan, untuk kelengkapan perangkat pembelajaran Silabus mencapai 94,4%, RPP mencapai 97,4% dan 89,7% sehingga masuk dalam kriteria sangat baik. Kemudian hasil belajar kognitif ketuntasan mencapai 85%, hasil belajar afektif mencapai 82,9% sehingga masuk dalam kriteria dangat baik dan hasil belajar psikomotorik mencapai 69,3% masuk dalam kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan Laboratorium Alam Geologi Karangsambung dalam kegiatan outdoor study materi Litosfer sangat memberikan dampak positif khususnya untuk siswa itu sendiri yang mendapatkan ilmu yang lebih mengenai materi Litosfer dan Karangsambung, serta guru yang memberikan inovasi dalam pembelajaran Geografi sehingga dapat membuat pembelajaran menjadi menarik di SMA Negeri 1 Karangsambung Tahun 2016/2017. Saran, Pembelajaran yang dilakukan di luar kelas (outdoor study) sebaiknya lebih kembangkan, diterapkan dan menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran oleh pihak sekolah ataupun guru. Sehingga pembelajaran di luar kelas tidak monoton dan siswa lebih paham mengenai materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karangsambung, Sumber Belajar, Materi Litosfer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 12:22
Last Modified: 13 Mar 2018 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30284

Actions (login required)

View Item View Item