HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KONSERVASI LAHAN GAMBUT DENGAN TINGKAT PARTISIPASI PETANI DALAM UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN LAHAN GAMBUT DI DESA GAMBUT JAYA KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI TAHUN 2017


Cichi Oktiana , 3201413056 (2017) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KONSERVASI LAHAN GAMBUT DENGAN TINGKAT PARTISIPASI PETANI DALAM UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN LAHAN GAMBUT DI DESA GAMBUT JAYA KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI TAHUN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413056.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Desa Gambut Jaya merupakan salah satu desa yang sebagian besar wilayahnya berupa lahan gambut. Pengembangan lahan gambut di bidang pertanian telah mengakibatkan kerusakan kualitas lahan gambut. Kerusakan ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman kaidah konservasi lahan gambut. Kebakaran yang pernah beberapa kali terjadi mengindikasikan bahwa pada kenyataannya aspek pemadaman lebih diutamakan daripada pencegahan. Petani selalu berkaitan erat dengan lahan sehingga penting untuk berpartisipasi dalam mencegah kebakaran lahan melalui pengetahuan konservasi lahan gambut. Tujuan penelitian: 1) Mengetahui tingkat pengetahuan petani tentang konservasi lahan gambut. 2) Mengetahui tingkat partisipasi petani dalam upaya pencegahan kebakaran lahan gambut. 3) Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan konservasi lahan gambut dengan tingkat partisipasi petani dalam upaya pencegahan kebakaran lahan gambut. Populasi: petani pemilik lahan sejumlah 364 orang. Sampel: 10% atau 38 petani yang diambil secara proportionate area random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian: tingkat pengetahuan konservasi lahan gambut dan tingkat partisipasi petani dalam upaya pencegahan kebakaran lahan gambut termasuk kategori sedang. Kategori sedang ini dicirikan dengan menguasai sebagian (40%-60%) pengetahuan tentang konservasi lahan gambut dan ikut serta dalam sebagian (52%-68%) kegiatan pencegahan kebakaran lahan gambut bersama warga saat mendekati musim rawan kebakaran. Hubungan tingkat pengetahuan konservasi lahan gambut dengan tingkat partisipasi petani dalam upaya pencegahan kebakaran lahan gambut adalah signifikan, dimana r hitung 0.7802 > r tabel 0,468. Artinya semakin tinggi tingkat pengetahuan konservasi lahan gambut maka semakin tinggi pula tingkat partisipasi petani dalam upaya pencegahan kebakaran lahan gambut. Pengetahuan konservasi lahan gambut berkontribusi sebesar 61% (r²) terhadap partisipasi pencegahan kebakaran lahan gambut. Simpulan penelitian: ada hubungan tingkat pengetahuan konservasi lahan gambut dengan tingkat partisipasi petani dalam upaya pencegahan kebakaran lahan gambut. Saran, perlu adanya pelatihan kepada petani mengenai konservasi lahan gambut dan perbaikan akses menuju Desa Gambut Jaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Konservasi, Partisipasi, Lahan gambut, Kebakaran lahan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 12:19
Last Modified: 13 Mar 2018 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30282

Actions (login required)

View Item View Item