EFEKTIVITAS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA MATERI ATMOSFER KELAS X SMA N 1 BAWANG KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Utik Milati Hanifah , 3201413027 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA MATERI ATMOSFER KELAS X SMA N 1 BAWANG KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201413027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (450kB) | Preview

Abstract

Guru harus mampu mengembangkan pembelajaran dengan beragam latar belakang, kemampuan, pemahaman, minat, serta motivasi belajar peserta didik. Selain harus mampu membuat sendiri alat pembelajaran dan alat peraga, juga harus berinisiatif mendayagunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang konkret. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendekatan pembelajaran geografi yang digunakan di kelas X IPS SMA N 1 Bawang masih bersifat teacher centered (berpusat pada guru). Pembelajaran cenderung dilakukan di dalam kelas dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran pada materi atmosfer kurang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar melihat objek kajian materi atmosfer berada di lingkungan alam. Diperlukan pendekatan pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif belajar melalui lingkungan sekitar, diantaranya adalah pendekatan jelajah alam sekitar. Pendekatan jelajah alam sekitar adalah pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan jelajah alam sekitar dengan model group investigation pada materi atmosfer kelas X IPS SMA N 1 Bawang Kabupaten Batang. Efektivitas dalam penelitian ini mengambil empat indikator yaitu 1) kemampuan guru mengelola pembelajaran 2) Ketuntasan hasil belajar formatif siswa secara klasikal 3) ketercapaian aktivitas belajar siswa 4) reson/tanggapan positif siswa. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan model pre-test and post-test group. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran mencapai 76,14% dan masuk dalam kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 56,25% sehingga pada kriteria ini belum terpenuhi. Aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 71,88% dan masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan respon/tanggapan siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 97,66% masuk dalam kategori baik. Pendekatan jelajah alam sekitar dengan model group investigation pada materi atmosfer belum efektif karena terdapat satu variabel yang belum terpenuhi. Saran penelitian ini adalah guru perlu mengembangkan kembali pendekatan jelajah alam sekitar dengan model group investigation agar berjalan optimal dan menjadi alternatif pembelajaran geografi yang diminati siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pendekatan jelajah alam sekitar, model group investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 12:02
Last Modified: 13 Mar 2018 12:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30279

Actions (login required)

View Item View Item