PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP


Nurul Khabibah , 2101413126 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413126.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (826kB) | Preview

Abstract

Penilaian autentik merupakan penilaian yanng dapat digunakan untuk menjaring informasi yang sebenar-benarnya tentang kemampuan atau kompetensi peserta didik. Berkaitan dengan itu, penilaian autentik disarankan penggunaannya pada kurikulum berbasis kompetensi, pada kurikulum 2013 penilaian autentik lebih ditekankan penggunaannya. Meskipun penilaian ini sudah dikenal lama oleh guru, namun belum semua guru paham dan melaksanakan penilaian autentik di kelasnya. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimana kebutuhan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII SMP, (2) bagaimana kaidah pengembangan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII SMP, (3) bagaimana purwarupa instrumen penilaian autentik teks prosedur kelas VII SMP, (4) bagaimana penilaian ahli terhadap purwarupa instrumen penilaian autentik teks prosedur kelas VII SMP, (5) bagaimana perbaikan purwarupa instrumen penilaian autentik teks prosedur kelas VII SMP berdasarkan penilaian ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan reaserch and development (R&D) yang merujuk pada model Borg dan Gall. Penelitian ini dibatasi dalam skala kecil terdiri dari lima tahapan yaitu analisis kebutuhan, penentuan kaidah desain produk, desain produk, validasi produk, dan revisi produk. Adapun sumber data penelitian yaitu dokumen instrumen penilaian dan wawancara. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara, dokumen, catatan lapangan, dan lembar uji validasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran teks prosedur sebagai instrumen penilaian alternatif bagi guru harus memiliki karakteristik yang meliputi: (1) praktis, (2) hemat (biaya dan waktu), (3) mudah dilaksanakan, (4) mudah diaplikasikan, (5) dapat digunakan untuk menilai kemampuan peserta didik secara komprehensif dan mendalam, (6) ada bukti autentik penilaian. Purwarupa penelitian pengembangan ini terdiri atas dua bagian, yaitu struktur isi dan penyajian. Purwarupa divalidasi oleh ahli pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan ahli Evaluasi Pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, skor rata-rata yang diperoleh adalah 70,6 % dengan kategori baik. Sementara itu penilaian dari ahli Evaluasi Pembelajaran mendapatkan skor rata-rata 82,5 % dengan kategori sangat baik. Saran perbaikan ahli pada instrumen penilaian autentik pembelajaran teks prosedur kelas VII SMP adalah saran yang bersifat teknis. Saran perbaikan tersebut meliputi (1) perbaikan bahasa yang kurang jelas, (2) perbaikan rubrik penilaian yang kurang sesuai dengan soal, dan (3) perbaikan tulisan pada tampilan halaman depan/ cover. Saran penelitian meliputi: (1) guru hendaknya menggunakan instrumen penilaian autentik ini sebagai gambaran dalam melakukan penilaian terhadap pembelaran teks prosedur kelas VII SMP; (2) supaya lebih komprehensif dan mendalam sebaiknya instrumen penilaian autentik yang dikembangkan ini (instrumen penilaian peer assessment, unjuk kerja, dan proyek) digunakan secara bersama; (3) instrumen penilaian autentik ini bisa digunakan untuk menilai ketercapaian peserta didik pada jenis teks lainnya dan (4) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melakukan uji keefektifan produk instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penilaian autentik, instrumen peer assessment, instrumen penilaian unjuk kerja, dan instrumen penilaian proyek.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 13 Mar 2018 11:57
Last Modified: 13 Mar 2018 11:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30277

Actions (login required)

View Item View Item