KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN CERPEN DENGAN MEDIA PAUL (PAKET ULASAN) PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG
Henny Prasetyaningrum , 2101413113 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN CERPEN DENGAN MEDIA PAUL (PAKET ULASAN) PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (471kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Salah satunya dalam pembelajaran menulis teks ulasan cerpen pada siswa kelas VIII. Fungsi model pembelajaran yaitu sebagai pedoman bagi pengajar dan para guru dalam melaksanakan pembelajaran (Shoimin 2016:24). Maka dari itu diperlukan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat aktif ketika pembelajaran berlangsung. Sebagai wujud inovasi dalam dunia pendidikan penerapan model Think Pair Share dan model Think Talk Write dengan menggunakan media PAUL (Paket Ulasan) diharapkan dapat memberikan pengaruh besar dalam keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut, masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana keefektifan menulis teks ulasan cerpen dengan model Think Pair Share pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang?, 2) Bagaimana keefektifan menulis teks ulasan cerpen dengan model Think Talk Write pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang?, 3) Model manakah yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks ulasan cerpen antara model Think Pair Share dengan model Think Talk Write?. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experiment design) karena penelitian ini menggunakan subjek penelitian berupa manusia yang tidak dapat dikontrol sepenuhnya oleh peneliti. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas pada penelitian ini adalah model Think Pair Share dan model Think Talk Write dengan menggunakan media PAUL (Paket Ulasan). Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis teks ulasan cerpen bagi siswa kelas VIII. Berdasarkan teori penelitian, hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung = 8,883 ≥ 2,00 jadi Ha diterima, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok Eksperimen 1 dan kelompok Eksperimen 2 setelah diberikan pembelajaran yang berbeda pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang. Dari siswa yang diberi pembelajaran dengan model Think Talk Write memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Siswa dalam kelas eksperimen 2 mendapatkan hasil yang lebih bagus daripada kelas eksperimen 1. Pada hasil pretest rata-rata kelas eksperimen 1 73,79, dan ratarata kelas eksperimen 2 74,71. Sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen 1 79,85, dan rata-rata posttest eksperimen 2 87,94. Peningkatan yang terjadi pada kelas eksperimen 1 sebanyak 6,06 atau 8,2% sedangkan peningkatan yang tejadi pada kelas eksperimen 2 sebanyak 13,23 atau 17,7%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Think Pair Share pada pembelajaran menulis teks ulasan cerpen mendapat hasil yang lebih baik daripada penggunaan model Think Pair Share, dapat dikatakan bahwa model Think Talk Write lebih efektif digunakan untuk pembelajaran menulis teks ulasan cerpen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan. Pertama, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks ulasan cerpen hendaknya menggunakan model Think Talk Write sebagai strategi pembelajaran jika ingin siswa lebih mendalami teks yang akan dipahami. Dengan menggunakan model Think Talk Write, siswa menjadi lebih paham dalam menulis teks ulasan cerpen karena ada beberapa tahap pemahaman. Kedua, praktisis atau peneliti dibidang pendidikan hendaknya mengembangkan dan meneliti model Think Pair Share dan model Think Talk Write dalam pembelajarn keterampilan menulis lainnya. Karena masih ada kendala yang dialami peneliti ketika menerapkan kedua model tersebut, sehingga penelitian selanjutnya diharapkan dapat melengkapi penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Teks Ulasan Cerpen, Think Pair Share, Think Talk Write, PAUL (Paket Ulasan) |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 13 Mar 2018 11:52 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 11:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30275 |
Actions (login required)
View Item |